M Nuh: Masalah Biaya Tak Boleh Halangi Perkuliahan

Kompas.com - 17/06/2014, 10:55 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, meninjau soal ujian Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (17/6/2014). KOMPAS.com/Abba GabrillinMenteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, meninjau soal ujian Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (17/6/2014).
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh memerintahkan rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) agar mengurusi siswa yang mengalami masalah pembiayaan. Ia meminta agar tidak ada siswa yang putus kuliah karena tidak mampu membayar biaya perkuliahan.

"Saya sudah minta kepada semua rektor PTN. Bagi anak yang sudah diterima secara akademis, tidak boleh mereka tidak bisa melanjutkan kuliah gara-gara urusan pembiayaan," ujar M Nuh, saat melakukan inspeksi mendadak di Universitas Negeri Jakarta, Selasa (17/6/2014).

M Nuh mengatakan, ia telah meminta masing-masing perguruan tinggi memberikan alternatif dalam berbagai skema apabila terdapat siswa yang kesulitan akan pembiayaan kuliah. Beberapa alternatif tersebut, menurut Nuh, program bidik misi, pola pembayaran secara angsuran, keringanan sampai pembebasan biaya kuliah.

"Kampus bisa kerja sama dengan kelompok masyarakat. Misalnya, dosen jadi orangtua asuh, atau memberikan diskon atau keringanan biaya," ujar M Nuh.

Menurut Nuh, seringkali siswa yang telah lulus seleksi dan diterima di PTN, tidak datang pada saat hari pendaftaran ulang. Pada akhirnya siswa tersebut membatalkan haknya untuk mengikuti perkuliahan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X