Kompas.com - 27/06/2014, 10:25 WIB
Beberapa skema beasiswa yang ditawarkan APU meliputi Tuition Reduction atau skema pengurangan beasiswa, mulai pengurangan 30 persen, 50 persen, 65 persen, 80 persen, hingga 100 persen. M Latief/KOMPAS.comBeberapa skema beasiswa yang ditawarkan APU meliputi Tuition Reduction atau skema pengurangan beasiswa, mulai pengurangan 30 persen, 50 persen, 65 persen, 80 persen, hingga 100 persen.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Tak punya uang bukan alasan untuk tidak bisa kuliah ke luar negeri, khususnya ke Jepang. Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Beppu, Jepang, misalnya, masih menawarkan banyak kesempatan beasiswa kepada pelajar Indonesia untuk menjadi mahasiswa internasional di kampus tersebut.

Beberapa skema beasiswa yang ditawarkan APU meliputi Tuition Reduction atau skema pengurangan beasiswa, mulai pengurangan 30 persen, 50 persen, 65 persen, 80 persen, hingga 100 persen. Selain itu, masih terbuka luas tawaran beasiswa dari perusahaan atau instansi di luar kampus APU.

"Umumnya anak-anak Indonesia berhasil sukses mendapatkan skema pengurangan biaya kuliah 65 persen sampai 80 persen, sedangkan skema 100 persen rata-rata hanya 10 persen saja dari jumlah mahasiswa asing," papar Dahlan Nariman, Vice Dean of Admission-Associate Professor Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), kepada Kompas.com, Sabtu (21/6/2014) pekan lalu.

"Tergantung hasil skor seleksi mereka yang ditentukan oleh nialai akademik waktu SMA, skor kemampuan bahasa Inggris, tes wawancara dan pencapaian prestasi non-akademiknya," tambahnya.

Dahlan mengatakan, untuk satu angkatan perkuliahan APU mengeluarkan biaya untuk beasiswa sekitar Rp 60 miliar per tahun. Jumlah tersebut memang tidak cukup untuk menutupi kebutuhan biaya seluruh mahasiswa yang mengirimkan proposal beasiswa.

"Karena itu, para mahasiswa kemudiann saling bersaing untuk merebut banyak beasiswa dari luar kampus, terutama untuk membiayai ongkos tinggal dan lain-lainnya. Nilainya lumayan, dari yang paling rendah sebesar 30.000 yen per bulan sampai 150.000 yen per bulan," kata Dahlan.

Salah satu beasiswa paling bergengsi diperebutkan mahasiswa internasional itu adalah ANDO Momofuku Scholarship. Dinilai bergengsi karena selain sangat ketat, lanjut Dahlan, besaran beasiswa ini sangat menggiurkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hanya satu anak yang akan meraih beasiswa ini. Besarnya Rp 100 juta," tambahnya.

Tahun ini, jumlah mahasiswa Indonesia di APU mencapai 217 orang dan menduduki posisi keempat dari 5.480 total mahasiswa internasional yang menimba ilmu di perguruan tinggi itu. Berdasarkan data Mei 2014, dengan total 202 mahasiswa tingkat sarjana (S-1) dan 14 mahasiswa pascasarjana (S-2), serta 1 mahasiswa non-gelar, jumlah mahasiswa Indonesia secara berurutan berada di bawah China (572 mahasiswa), Korea (513 mahasiswa), serta Vietnam (336 mahasiswa).

Namun demikian, menurut Dahlan, secara kualitas anak-anak Indonesia tidak kalah dibandingkan para mahasiswa asal ketiga negara di atasnya. Selama 5 tahun terakhir, lanjut dia, kemampuan akademik dan non-akademik anak-anak Indonesia justeru dianggap lebih baik.

"Masih banyak kesempatan untuk kuliah di Jepang," kata Dahlan.

Baca juga: Hebat... Pelajar Indonesia Paling Diincar Perusahaan Jepang!Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.