Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditanya Hatta soal UN, JK Sebut Belum Tentu Dihapus

Kompas.com - 29/06/2014, 22:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, ia dan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) belum tentu akan menghapuskan sistem ujian nasional (UN) jika terpilih dalam pemilu presiden mendatang.

Hal itu disampaikan JK saat debat cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6/2014) malam, dengan tema dengan tema "Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Iptek".

Saat itu, JK ditanya oleh capres Hatta Rajasa soal visi dan misi yang diusung. Di dalamnya, kata Hatta, Jokowi-JK tidak lagi memperhitungkan UN atau akan dihapus.

Menurut Hatta, ketika sama-sama di pemerintahan dulu, JK yang menjadi promotor UN. "Kalau ada perubahan, apa yang salah dalam UN," kata Hatta.

JK mengatakan, dalam visi misi tertulis bahwa pihaknya akan mengevaluasi sistem pendidikan, termasuk kurikulum dan UN. "(UN) tidak dihilangkan dengan segera," kata JK.

JK memberi contoh evaluasi yang dulunya bobot kelulusan siswa sepenuhnya berdasarkan UN, kini hanya 60 persen. JK mengatakan, UN sudah ada sejak tahun 1950-an. Negara-negara maju juga menerapkan UN.

JK menilai saat ini masih ada kesenjangan pendidikan. Untuk mengatasi itu, perlu ada pemetaan, salah satunya dengan melihat hasil UN.

Atas penjelasan itu, Hatta mengaku belum puas. Hatta mengatakan, para pakar pendidikan tentunya sudah memperhitungkan standar nasional dan standar di daerah. 

Menurut Hatta, UN jika konsisten diterapkan akan menghasilan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Hatta kembali bertanya apa yang akan dievaluasi dalam sistem UN.

JK menjawab, "evaluasi bisa pada sistemnya, kontennya, atau pelaksanaanya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com