Kompas.com - 16/07/2014, 20:14 WIB
Ilustrasi.
KOMPAS IMAGES/DONNY SOPHANDIIlustrasi.
|
EditorDesy Afrianti
JAKARTA, KOMPAS.com — Jurusan ilmu praktis masih menjadi favorit para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014. Hal itu terlihat dari daftar sepuluh program studi (prodi) yang paling diminati dalam SBMPTN 2014.

Berikut ini kesepuluh daftarnya.

A. Rumpun Saintek: 1. Teknik Informatika (ilmu komputer/sistem informasi/sistem komputer/teknik komputer). 2. Pendidikan Dokter. 3. Teknik Sipil. 4. Psikologi. 5. Farmasi.

B. Rumpun Sosial Humaniora: 1. Manajemen. 2. Akuntansi. 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4. Hukum. 5. Ilmu komunikasi.

Munculnya jurusan teknik informatika pada urutan nomor satu ditengarai oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso sebagai bentuk dari pemikiran praktis para peserta dan juga sebagai hasil dari perkembangan zaman.

"Teknologi Informatika jadi populer karena sesuai dengan zamannya. Kebutuhan saat ini dari masyarakat apa? Bahasa lainnya, siswa ingin jurusan yang nantinya mudah dapat pekerjaan," kata Djoko dalam jumpa pers di Sari Pan Pacific Hotel, Rabu (16/7/2014).

Selain Teknologi Informatika, jurusan Pendidikan Guru SD yang muncul di jajaran lima besar jurusan soshum paling diminati, juga menarik perhatian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini juga berhubungan dengan alasan praktis. Penghasilan guru sudah cukup baik, bahkan di beberapa daerah, lebih besar dari dosen. Lalu kenapa harus mengajar SD? Karena murid SD banyak jadi kesempatan mengajar lebih besar," kata Djoko.

Lihat hasil SBMPTN 2014 di siniDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.