Kompas.com - 07/08/2014, 00:22 WIB
ILUSTRASI - Musim liburan sekolah banyak dimanfaatkan anak-anak untuk berwisata ke Museum Wayang yang ada di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Minggu (19/6/2011). Selain berwisata, anak-anak juga belajar mengenal wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang sudah diakui dunia. KOMPAS/IWAN SETIYAWAN ILUSTRASI - Musim liburan sekolah banyak dimanfaatkan anak-anak untuk berwisata ke Museum Wayang yang ada di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Minggu (19/6/2011). Selain berwisata, anak-anak juga belajar mengenal wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang sudah diakui dunia.
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Pendidikan Indonesia menyiapkan berdirinya museum pendidikan. Pembangunan museum yang berlokasi di lingkungan Kampus Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung itu ditargetkan tuntas pada pertengahan tahun 2015.

Museum pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tersebut akan mengungkap perjalanan sejarah pendidikan Indonesia, termasuk sejarah pendidikan guru dan sejarah guru. Erlina Wiyanarti, dari tim Pengembang Konten Museum Pendidikan, di UPI, Selasa (5/8), menjelaskan, kepastian penamaan museum pendidikan itu masih dalam pembahasan. Museum itu juga akan dikembangkan sebagai pusat riset pendidikan.

Rektor UPI Soenaryo Kartadinata mengatakan, UPI bermaksud melestarikan nilai-nilai luhur dan keunggulan dalam perjalanan sejarah pendidikan Indonesia. Kehadiran museum pendidikan tersebut juga bagian yang tidak terpisahkan dari kepeloporan UPI yang bertekad menjadikan universitas sebagai pelopor dan unggul.

Partisipasi masyarakat

Erlina mengatakan, museum dibangun dengan konsep modern. Dengan demikian, pengunjung akan mendapatkan wawasan soal perkembangan pendidikan nasional sekaligus hiburan bernuansa edukatif.

Menurut Erlina, UPI membuka partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi ataupun menyumbangkan beragam benda bersejarah yang berkaitan dengan pendidikan nasional Indonesia. Informasi dapat dikirimkan ke alamat surat elektronik erlina.wiyanarti93@gmail.com.

Di museum pendidikan, nantinya pengunjung dapat menyaksikan perkembangan pendidikan Indonesia pada masa klasik, masa kolonial, masa pergerakan nasional, dan masa awal kemerdekaan hingga masa reformasi. Museum juga akan memberikan pengetahuan tentang sejarah pendidikan guru, termasuk sejarah UPI, kepada para pengunjungnya nanti. (ELN)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.