Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah... 10 Mahasiswa Beruntung yang Raih Beasiswa ke Korea!

Kompas.com - 07/08/2014, 11:32 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan dan Indonesia kembali menyelenggarakan Korean Government Scholarship Program atau KGSP di Indonesia. Program beasiswa ini berhasil menyeleksi 10 orang dari 255 orang pelamar yang ingin melanjutkan studi mereka di Korea Selatan.

KGSP adalah program beasiswa yang diselenggarakan Pemerintah Korea Selatan untuk memberi peluang belajar di negara itu. Seleksi program beasiswa ini ditawarkan untuk jenjang pascasarjana (S-2 dan S-3) tahun 2014 pada Februari lalu di 157 negara. Jumlah penerima beasiswa untuk jenjang ini mencapai 533 orang.

Minister Korea Selatan, Park Young-Sik, dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun ini kuota untuk Indonesia sebanyak 10 orang, padahal jumlah pelamarnya mencapai 255 orang. Prosedur seleksinya meliputi pemeriksaan dokumen, wawancara di Kedutaan Besar Korea, dan pemeriksaan panita di Seoul.

Semua presedur seleksi itu selesai pada Juni lalu dan memilih 10 orang penerima beasiswa yang terdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan. Penerima beasiswa paling tua berusia 35 tahun, dan yang termuda berusia 21 tahun.

Jurusan yang mereka pilih juga beragam. Jurusan Bahasa Korea merupakan yang paling banyak peminatnya, yaitu 4 orang. Selain itu ada juga lulusan manajemen, teknik lingkungan, serta kedokteran gigi.

"Saya senang sekali dikabari bahwa saya terpilih oleh Kedubes Korsel. Saya memang selalu bermimpi bisa belajar di Korea sejak mulai mempelajari bahasanya," kata salah satu penerima beasiswa, Lienando Arzelia Yorika, Rabu (6/8/2014), di Kedubes Korsel di Jakarta.

Lienando mengaku, walaupun dirinya seorang dokter gigi, tetap ingin berkontribusi dalam perkembangan di tanah air, yaitu sebagai ahli makanan dan gizi (food and nutrition) setelah menyelesaikan program S-2 di Korea.

Rencananya, para penerima beasiswa akan berangkat ke Korea pada 25 – 27 Augustus nanti, setelah orientasi yang dilaksanakan oleh National Institute for International Education selesai. Mereka akan belajar bahasa Korea selama 1 tahun pertama, kemudian mengikuti program S-2 yang bisa ditempuh selama 2 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com