Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Guru Siap Sukseskan Kurikulum 2013

Kompas.com - 13/08/2014, 11:13 WIB
KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan kurikulum tersebut akan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada jumpa pers implementasi Kurikulum 2013 di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (21/07/2014) lalu menekankan, bahwa ada lima nilai dasar dari Kurikulum 2013 yaitu cinta kasih, jujur, disiplin, bersih, dan toleransi. Menurut Mendikbud, kelima nilai dasar tersebut sangat diperlukan bagi tunas bangsa pada zaman sekarang.

"Penanaman budi pekerti yang diimbangi dengan pengetahuan akan membuat para anak bangsa bisa mengubah kondisi negara kita menjadi lebih baik dari yang sebelumnya," kata Nuh.

Menanggapi hal itu, Kepala Sekolah SD Pulo 03 Kebayoran Baru, Hardiman mengatakan, pihaknya optimistis Kurikulum 2013 akan berjalan sebagaimana mestinya. Dia yakin, Kurikulum 2013 akan membawa level pendidikan Indonesia memasuki jenjang baru.

"Karena kurikulum ini lebih mengedepankan kreativitas, inovatif, dan efektivitas dari para siswa-siswi," ujarnya. 

Senada dengan Hardiman, Widiana, guru PKN SMPN 19 Jakarta mengatakan bahwa saat ini penyelenggaran Kurikulum 2013 di sejumlah sekolah berjalan mulus walaupun terdapat kesulitan, misalnya hal penilaian secara otentik. Namun, kendala itu hanya di awalnya saja. Penilaian otentik akan mudah apabila telah dipersiapkan sebelumnya seperti membuat form khusus.

"Lama-lama akan terbiasa," kata Widiana.

Dia dan para guru sepakat mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 dan siap mempraktikkannya dalam kegiatan belajar mengajar. (DANE/ASW)

Baca juga: Saatnya, Guru Tak Lagi Takut Nilai Matematika Siswanya Jelek....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com