Kompas.com - 13/08/2014, 11:13 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan kurikulum tersebut akan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap. M Latief/KOMPAS.comKementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan kurikulum tersebut akan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap.
EditorLatief
KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun lalu. Tahun ini pelaksanaan kurikulum tersebut akan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada jumpa pers implementasi Kurikulum 2013 di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (21/07/2014) lalu menekankan, bahwa ada lima nilai dasar dari Kurikulum 2013 yaitu cinta kasih, jujur, disiplin, bersih, dan toleransi. Menurut Mendikbud, kelima nilai dasar tersebut sangat diperlukan bagi tunas bangsa pada zaman sekarang.

"Penanaman budi pekerti yang diimbangi dengan pengetahuan akan membuat para anak bangsa bisa mengubah kondisi negara kita menjadi lebih baik dari yang sebelumnya," kata Nuh.

Menanggapi hal itu, Kepala Sekolah SD Pulo 03 Kebayoran Baru, Hardiman mengatakan, pihaknya optimistis Kurikulum 2013 akan berjalan sebagaimana mestinya. Dia yakin, Kurikulum 2013 akan membawa level pendidikan Indonesia memasuki jenjang baru.

"Karena kurikulum ini lebih mengedepankan kreativitas, inovatif, dan efektivitas dari para siswa-siswi," ujarnya. 

Senada dengan Hardiman, Widiana, guru PKN SMPN 19 Jakarta mengatakan bahwa saat ini penyelenggaran Kurikulum 2013 di sejumlah sekolah berjalan mulus walaupun terdapat kesulitan, misalnya hal penilaian secara otentik. Namun, kendala itu hanya di awalnya saja. Penilaian otentik akan mudah apabila telah dipersiapkan sebelumnya seperti membuat form khusus.

"Lama-lama akan terbiasa," kata Widiana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia dan para guru sepakat mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 dan siap mempraktikkannya dalam kegiatan belajar mengajar. (DANE/ASW)

Baca juga: Saatnya, Guru Tak Lagi Takut Nilai Matematika Siswanya Jelek....Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.