Kompas.com - 15/08/2014, 15:40 WIB
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com — Diberlakukannya Kurikulum 2013 berefek pada peningkatan jam belajar siswa di sekolah. Jika sebelumnya dalam satu minggu siswa menghabiskan waktu selama 26-30 jam pelajaran, dengan penambahan 4-6 jam per minggu siswa akan berada di sekolah lebih lama, yaitu 30 sampai 36 jam pelajaran.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, setiap satu jam pelajaran telah ditetapkan selama 45 menit, bukan 60 menit.

"Dengan demikian, penambahan jam pelajaran itu hanya sekitar 35 menit atau paling lama 45 menit per hari," tutur Mendikbud pada jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jumat (15/8/2014).

Mendikbud mencontohkan, pada jenjang SD dengan penambahan jam pelajaran 35 menit per hari, apabila siswa masuk sekolah pada pukul 07.00 WIB maka pada pukul 11.00 WIB, jam pelajaran sudah berakhir. Demikian juga untuk jenjang SMP, penambahan jam pelajaran juga menjadi 35 atau 45 menit per hari. Adapun pada jenjang sekolah menengah atas (SMA), apabila pembelajaran dimulai dari pukul 06.30 WIB, dengan penambahan 35-45 menit per hari, bisa diasumsikan pelajaran akan selesai pada pukul 14.30 WIB.

"Maka penambahan jam pembelajaran tidak perlu dirisaukan," katanya.

Pertimbangan penambahan jam belajar siswa di sekolah, jika dilihat perbandingan jam belajar anak usia 7–14 tahun dari negara-negara OECD dengan Indonesia. Menurut data yang bersumber dari lembaga internasional OECD, rata-rata jam belajar siswa adalah 6.800 jam per tahun. Indonesia dinilai masih relatif rendah dibandingkan negara-negara OECD, yaitu 6.000 jam per tahun.

Selain itu, di masyarakat juga berkembang fenomena mengenai banyaknya orangtua (ayah dan ibu) yang bekerja di luar rumah. Sementara itu, kondisi sosial masyarakat relatif tidak kondusif untuk perkembangan anak. Melihat hal tersebut, penambahan jam belajar di sekolah menjadi solusi efektif untuk memberi stimulan positif kepada siswa melalui sekolah. (SENO HARTONO)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.