Kompas.com - 18/08/2014, 11:09 WIB
Ilustrasi: Sains KOMPAS.com/Kristianto PurnomoIlustrasi: Sains
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/sederajat pada 1-7 September 2014 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). OSN tahun ini diikuti sekitar 3.000 peserta.

Rencananya OSN akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh bersama Gubernur Provinsi NTB, M Zainul Majdi, di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB. Mendikbud mengatakan, tujuan kegiatan OSN antara lain menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, serta nasional dan internasional.

"Juga untuk menjaring siswa unggulan di bidang sains, matematika, fisika, kimia, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. Mereka akan dipersiapkan menjadi anggota tim nasional dalam beberapa kompetisi internasional," ujar Mendikbud dalam siaran pers di Jakarta, Senin (18/8/2014). 

OSN juga diharapkan memotivasi siswa agar lebih gemar belajar sains dan mempunyai karakter. Selain memacu peningkatan mutu pendidikan, khususnya di bidang sains, kegiatan itu juga akan menumbuhkan rasa kebangsaan di kalangan peserta didik.

Ke depan, lanjut Mendikbud, hasil paling utama yang diharapkan dari kegiatan OSN adalah terciptanya suasana kompetisi yang sehat antar-siswa, antar-sekolah, dan antar-provinsi di bidang sains, matematika, astronomi, ekonomi, dan kebumian.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.