Formasi Garuda Pancasila Berukuran Raksasa Dilakukan 9.133 Mahasiswa UGM

Kompas.com - 25/08/2014, 13:52 WIB
Formasi Garuda pancasila di lapangan Graha Sabha Pramana, UGM. HUMAS UGMFormasi Garuda pancasila di lapangan Graha Sabha Pramana, UGM.
EditorTri Wahono


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
– Kegiatan orientasi mahasiswa baru (ospek) di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, ditutup dengan atraksi pembentukan formasi burung Garuda Pancasila berukuran raksasa di lapangan Grha Sabha Pramana, Minggu (24/8/2014). Formasi yang dilakukan oleh 9.133 mahasiswa baru itu pun segera menyebar di media sosial.

Menurut informasi di web resmi UGM, formasi dilakukan ribuan mahasiswa yang mengenakan caping berwarna kuning, merah dan putih. Ribuan mahasiswa ini berusaha keras membentuk formasi agar mirip dengan simbol lambang negara tersebut.

Apa yang dilakukan mahasiswa baru UGM ini sebagai salah satu bagian dari Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) yang berlangsung seminggu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D, mengatakan kegiatan membentuk formasi Lambang Negara Garuda Pancasila sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa untuk belajar bekerja sama.

"Ada proses pembelajaran yang dipetik, bisa memberi inspirasi bagi kalian semua,” kata rektor. 

Lebih dari itu, tambahnya, pembentukan formasi tersebut tentu membutuhkan kesabaran dan ketekunan, sehingga dibutuhkan semangat persatuan dalam membentuk sebuah kesatuan formasi yang utuh. 

"Inilah proses awal UGM mencetak calon pemimpin bangsa, nantinya bisa menjadi generasi yang berprestasi dan ikut aktif dalam pembangunan bangsa," lanjut dia.(Gusti Grehenson)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ugm.ac.id
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.