Apa Bedanya Pendidikan Jarak Jauh dan Metode "Online Learning"?

Kompas.com - 17/10/2014, 07:30 WIB
Metode pendidikan jarak jauh adalah metode yang memperkenankan mahasiswa untuk tidak melakukan pertemuan dengan dosen. Dengan demikian, aktivitas perkuliahan seluruhnya tidak di lakukan di dalam kampus Dok Binus University/Binus Online Learning Metode pendidikan jarak jauh adalah metode yang memperkenankan mahasiswa untuk tidak melakukan pertemuan dengan dosen. Dengan demikian, aktivitas perkuliahan seluruhnya tidak di lakukan di dalam kampus
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Universitas Bina Nusantara (Binus University) menjadi kampus publik pertama yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menerapkan metode pendidikan yang disebut dengan " pendidikan jarak jauh" atau PJJ. Sebelumnya, hanya tiga universitas yang mendapatkan kepercayaan untuk menerapkan metode tersebut. Dua di antaranya adalah Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian di bawah naungan Polri, dan Politeknik Kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

"Namun, untuk kampus publik, Binus yang pertama menerapkan metode pendidikan jarak jauh ini," ujar Direktur Binus Online Learning Dr Engkos Achmad Kuncoro, saat ditemui di kampus Bina Nusantara, Jalan KH Syahdan Nomor 9, Jakarta Barat, Selasa (9/9/2014) lalu.

Engkos menuturkan, Binus awalnya mengajukan proposal kepada pemerintah untuk dapat mengembangkan pendidikan jarak jauh. Setelah mempersiapkan segala sistem yang dibutuhkan, pemerintah pada 10 Juni 2014 lalu mengeluarkan surat keputusan kepada Binus. Surat tersebut berisi penugasan untuk mengembangkan metode pendidikan jarak jauh di kampus tersebut.

"Pemerintah memberikan kepercayaan kepada kami," ujar Engkos.

Engkos menjelaskan, metode pendidikan jarak jauh adalah metode yang memperkenankan mahasiswa untuk tidak melakukan pertemuan dengan dosen. Dengan demikian, aktivitas perkuliahan seluruhnya tidak dilakukan di dalam kampus. Baca: Binus Online Learning, Kuliah Tanpa Harus ke Kampus

Dengan metode tersebut, dia melanjutkan, mahasiswa nantinya bisa berasal dari seluruh Indonesia. Di tiap wilayah akan dibangun Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ). Tiap USBJJ akan disediakan tutor yang bertugas menggantikan posisi dosen. Dengan begitu, mahasiswa cukup hanya bertemu dengan tutor untuk melakukan aktivitas perkuliahan.

"Tutor, perpanjangan tangan dari dosen. Tutor berkomunikasi dengan mahasiswa, sementara dosen yang mengembangkan materi," kata Engkos.

Dok Binus University Untuk pertanyaan terkait dengan mata kuliah, misalnya, dapat dilakukan pada Course Room. Sedangkan untuk pembahasan tugas kelompok, mahasiswa dapat melakukannya di Team Room.
November 2014

Sebenarnya, metode pendidikan jarak jauh hampir sama dengan metode Binus Online Learning. Hanya, yang membedakannya, jika metode Binus Online Learning tetap harus datang ke kampus untuk beberapa kegiatan, metode pendidikan jarak jauh tak perlu datang ke kampus.

Mahasiswa cukup datang ke USBJJ dan menemui tutornya. Nantinya, tutor yang akan meneruskan proses ke kampus pusat Binus di Jakarta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X