Kompas.com - 24/10/2014, 12:20 WIB
Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Hermanto KOMPAS.com/Indra AkuntonoWakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Hermanto
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com- Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat perhatian khusus dari para rektor. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Jumat (24/10/2014), di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Agus mengaku dihubungi lewat telepon oleh para rektor dan kalangan akademisi lainnya. Intinya, Agus menerima banyak pertanyaan, tanggapan dan masukan terkait rencana Jokowi memecah kementerian tersebut.

"Hari ini saja ada lima rektor yang menelepon saya. Rektor Undip, Unnes, dan (Universitas) Brawijaya," kata Agus.

Agus menuturkan, dipisahkannya kementerian tersebut memang harus mendapatkan perhatian dan kajian lebih mendalam. Pasalnya, isu pendidikan yang selama ini dikelola oleh satu kementerian dari usia dini (PAUD) sampai pendidikan tinggi tiba-tiba ingin dipisahkan oleh Presiden Jokowi.

"Yang paling banyak perhatian itu pendidikan. Pendidikan ini kan yang lebih bagus itu satu, inline. Tapi kok ini dipecah? Banyak yang tanya itu. Tapi kami (DPR) bukan pada setuju atau tidak, kami hanya memberikan pertimbangan terbaik," ujarnya. (baca: Pimpinan DPR Jawab Surat Jokowi Senin Pekan Depan)

Ada sejumlah kementerian di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ingin dipecah atau digabungkan dengan kementerian lainnya oleh Jokowi-Jusuf Kalla. (baca: Ini Nama Kementerian yang Berubah dalam Kabinet Jokowi-JK)

Pemecahan kementerian diantaranya di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Ristek yang menjadi Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.