Kompas.com - 25/11/2014, 10:38 WIB
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar-Menengah Anies Baswedan menilai, menjadi seorang guru bukanlah pengorbanan melainkan suatu kehormatan. Ia mengatakan, para guru diberi kesempatan yang mulia untuk membimbing anak-anak bangsa menghadapi tantangan masa depan.

"Menjadi guru bukanlah pengorbanan, melainkan kehormatan. Mereka telah memilih jalan terhormat untuk masa depan cemerlang," ujar Anies seusai upacara peringatan Hari Guru Nasional di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Meski dengan fasilitas seadanya, kata Anies, para guru mengemban tugas mulianya demi memajukan kualitas pendidikan bangsa. Dengan demikian, Anies menilai bahwa para guru layak dimuliakan atas pengabdian kepada anak didiknya.

"Cara kita menghargai guru adalah cermin kita menghargai bangsa. Kita harus mengubah diri kita, harus meninggikan, memuliakan guru," kata Anies.

Kendati demikian, Anies menyadari bahwa pemerintah masih kurang memperhatikan kesejahteraan guru. Padahal, kata Anies, tanggung jawab pendidikan Indonesia dibebankan di pundak mereka.

"Kita harus akui, kita belum menempatkan guru pada tempat seharusnya. Mulai dari status kepegawaian, kesejahteraan, hal-hal yang berhubungan dengan guru, yang harus dituntaskan," ujar mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.