Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN Meluluskan 512 Wisudawan

Kompas.com - 29/11/2014, 16:14 WIB
Latief

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN atau lebih dikenal sebagai ASEAN Economic Community (AEC), para profesional, khususnya generasi muda, harus memiliki kompetensi yang bisa membuat mereka unggul dari tenaga kerja asal negara ASEAN lain. Dengan demikian, mereka tidak akan tersisih dari zona persaingan di masa akan datang.

Demikian disampaikan Rektor UMN Dr Ninok Leksono pada Wisuda VI Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Kampus UMN, Sabtu, (24/11/2014). Selain penguasaan bidang keilmuan, lanjut Ninok, jiwa kejuangan tinggi dan budaya kerja keras merupakan syarat mutlak harus dimiliki oleh anak-anak muda Indonesia untuk bisa bersaing di era ekonomi bebas seperti AEC.

"Di sisi lain kemampuan dan semangat serta kompetensi individu juga masih perlu didukung oleh berbagai insentif dan lingkungan yang kondusif, misalnya adanya infrastruktur ICT yang modern. Di sini peran pemerintah sangat penting. Agar bisa unggul, tentu saja anak muda Indonesia juga harus hidup di lingkungan yang unggul," kata Ninok.

Untuk itulah, lanjut Ninok, lulusan UMN dibekali kuliah tentang diberikan pelatihan tentang kepemimpinan, tentang pengembangan karakter, serta pemahaman tentang organisasi. Lulusan UMN secara umum telah dibekali pengetahuan dasar tentang ICT yang bersifat universal.

Pada sistem pendidikannya, UMN memperkenalkan para mahasiswa nilai-nilai unggul, dalam hal ini adalah 5C yang diturunkan dari falsafah Kompas-Gramedia. Di dalam falsafah tersebut ada 'C' yang berkepanjangan Competent dan Competitive.

"Mungkin saja, dalam pengetahuan kognitifnya lulusan UMN masih harus memperkaya di tempat pekerjaan, tetapi dasar-dasarnya telah diberikan di kampus, termasuk dengan semangat dasarnya untuk berkarakter unggul dan kompetitif," kata Ninok.

Industri kreatif

Tahun ini, UMN meluluskan 512 wisudawan. Dari jumlah itu, sebanyak 113 wisudawan berasal dari fakultas Ilmu Komunikasi, 223 wisudawan dari fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV), 22 wisudawan dari program studi Akuntansi, 36 wisudawan dari program studi Manajemen, 41 wisudawan dari program studi Sistem Informatika, serta 11 wisudawan dari program studi Sistem Komputer.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, yang hadir pada Wisuda VI UMN tersebut menyampaikan orasi ilmiah seputar pengembangan industri kreatif berbasis ICT dan peran serta Kemenkominfo mendorong perkembangan industri tersebut ke level internasional. Dia mengatakan, industri kreatif merupakan salah satu sektor industri yang memiliki peluang baik untuk dapat bersaing dalam pasar bebas ASEAN 2015.

Rudiantara menggarisbawahi pentingnya kewirausahaan berbasis digital di era seperti sekarang ini, termasuk melalui perguruan tinggi seperti di UMN. Menurutnya, wirausaha haruslah mampu mencermati kesempatan dan memberikan nilai tambah saat sumber daya di sekitarnya minim atau tidak ada.

"Wirausaha di bidang ICT saat ini sangatlah penting untuk menggenjot perekonomian. Bisnis e-commerce sedang bertumbuh dengan pesat. Di Indonesia, contohnya, pada 2016 diperkirakan transaksi e-commerce akan menembus kisaran angka sebesar 20 miliar dollar AS," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com