Kompas.com - 01/12/2014, 10:54 WIB
" /> "indra.tramp"
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (28/11/2014) lalu. LHKPN merupakan laporan yang wajib disampaikan oleh penyelenggara negara mengenai harta kekayaannya saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi, dan pensiun.

Tak hanya itu, kewajiban lain menyertai LHKPN adalah mengumumkan harta kekayaan dan bersedia dilakukan pemeriksaan terhadap kekayaannya.

Mendikbud hadir seorang diri ke kantor KPK sekitar pukul 16.15 WIB. Mendikbud menjadi menteri ke-17 yang menyampaikan LHKPN.

Mendikbud juga merupakan satu dari sedikit menteri yang sebelumnya bukanlah penyelenggara negara. Ini adalah kali pertama Mendikbud melaporkan harta kekayaannya.

"Sebelumnya, saya bukan penyelenggara negara, jadi harus berkonsultasi dulu sebelum mengisi LHKPN," ujar Mendikbud.

Kewajiban menyerahkan LHKPN bagi seorang penyelenggara negara diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme serta UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(Informasi ini disampaikan dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.