Kompas.com - 01/12/2014, 11:49 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta agar sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi para siswanya. Pendidikan harus mendorong siswa agar lebih bersemangat untuk belajar.

Hal itu disampaikan oleh Anies saat menggelar pertemuan dengan para kepala dinas pendidikan se-Indonesia di Gedung Ki Hajar Dewantara, Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014). Dalam pertemuan itu, Anies memaparkan program-program kementerian dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

"Saya ingin berbagi beberapa program. Pendidikan kita, secara garis besar arahnya ke mana, serta bagaimana kita bisa mengubah, memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia," ujar Anies dalam pidatonya.

Dalam acara yang dihadiri lebih dari 650 peserta tersebut, Anies memaparkan sejumlah permasalahan pendidikan yang belum terselesaikan hingga saat ini. Ia antara lain menyoroti standar layanan pendidikan di Indonesia yang masih sangat rendah serta mutu pendidikan Indonesia yang masih berada di peringkat bawah negara-negara maju.

Anies menyinggung masalah kekerasan yang terjadi di dalam dan luar sekolah. Anies menyebutkan, setidaknya dalam dua bulan terakhir, yaitu pada Oktober dan November, angka kekerasan terhadap pelajar mencapai 230 kasus. Menurut dia, saat ini pemerintah harus serius mengatasi segala permasalahan dalam dunia pendidikan, baik dalam kualitas mutu pendidikan, serta mengubah sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa.

"Kita harus mengembalikan persekolahan menjadi taman, tempat belajar yang menyenangkan. Pendidikan harus membuat para siswa menjadi ketagihan untuk bersekolah," kata Anies.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.