Kompas.com - 04/12/2014, 16:53 WIB
Rektor Universitas Indonesia Prof. Muhammad Anis ANTARA FOTO/Indrianto Eko SuwarsoRektor Universitas Indonesia Prof. Muhammad Anis
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Prof Dr Ir Muhammad Anis, MMet, resmi menjadi Rektor periode 2014-2019 Universitas Indonesia (UI) setelah dilantik berdasarkan Keputusan Majelis Wali Amanat UI Nomor 020/SK/MWA-UI/2014 tentang Pengangkatan dan Penugasan Rektor UI.

"UI sebagai institusi pendidikan memiliki reputasi dan budaya prestasi yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," kata Anis seusai dilantik menjadi Rektor UI di Balai Sidang UI Depok, Kamis.

Acara Pelantikan Rektor UI dilaksanakan bersamaan dengan serah terima jabatan dari Pejabat Rektor UI Prof Dr Bambang Wibawarta, SS, MA.

Ia mengatakan, tantangan global dan lonjakan penduduk dunia, termasuk Indonesia, berdampak pada permasalahan yang kompleks terhadap keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi. Oleh karena itu, ke depannya, UI harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut, baik permasalahan di tingkat nasional maupun di tingkat global.

"Jabatan rektor merupakan amanah dan tanggung jawab yang tidak ringan," katanya.

Dia berharap, visi UI sebagai universitas yang otonom dan sebagai penghasil ilmu pengetahuan dapat menjadi solusi bagi masalah nasional dan global. "Saya mengajak seluruh sivitas akademika untuk bersama-sama membangun UI karena UI adalah milik kita bersama," katanya.

Prof Dr Ir Muhammad Anis, MMet, lahir di Jakarta, 26 Juni 1957. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Metalurgi FTUI pada tahun 1977. Tahun 1986, ia melanjutkan studinya ke University of Sheffield di Inggris, mengambil master metalurgi. Ia lulus pada 1988 dengan predikat distinction dan langsung melanjutkan ke jenjang doktoral di universitas yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia merupakan alumnus pertama Jurusan Metalurgi FTUI yang menjadi doktor.

Prof Anis telah lama berkarier di UI, antara lain sebagai Senat Akademik UI (2000-2003), (2003-Juli 2006), (2003-2007); Direktur Pendidikan UI (2003-2007) serta Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (2007-2012). Pada Mei 2013 hingga September 2014, Prof Anis mendapatkan amanah sebagai Pejabat Rektor UI.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.