Resmi... Binus University Laksanakan Pendidikan Jarak Jauh!

Kompas.com - 05/12/2014, 15:12 WIB
Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, saat meresmikan Binus University Learning Community (BULC) dan Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) di Rukan Taman Harapan Indah, Palembang, Jumat (15/12/2014).  
 Dok Binus UniversityRektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, saat meresmikan Binus University Learning Community (BULC) dan Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) di Rukan Taman Harapan Indah, Palembang, Jumat (15/12/2014).
Penulis Latief
|
EditorLatief
PALEMBANG, KOMPAS.com - Universitas Bina Nusantara (Binus University) melalui Binus Online Learning resmi menggelar pendidikan jarak jauh (PJJ) di Palembang. Binus telah mengantongi kepercayaan dari Pemerintah melalui SK No 146/E/O/2014 mengenai Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh.

Saat ini Binus merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang memperoleh izin sistem pendidikan jarak jauh tersebut. Adapun kota pertama tempat dibukanya pendidikan jarak jauh Binus Online Learning tersebut adalah Palembang. Nantinya di setiap wilayah akan dibangun Binus University Learning Community atau BULC yang merupakan perwujudan Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ).

"Nantinya, mahasiswa yang berkuliah melalui metode ini bisa berasal dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan tidak menutup kemungkinan dari luar negeri," ujar Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, usai meresmikan BUL)–USBJJ di Rukan Taman Harapan Indah, Palembang, Jumat (15/12/2014).

"Salah satu peraturan untuk pelaksanaan pendidikan jarak jauh ini kan adanya USBJJ. Nantinya, di tiap wilayah akan kami bangun BULC yang merupakan perwujudan USBJJ itu," tambahnya.

Harjanto memaparkan, di BULC para mahasiswa dapat melakukan kegiatan tutoring dengan tutor yang disediakan di masing-masing wilayah. Untuk ujian dan kebutuhan lainnya mahasiswa tidak perlu datang ke kampus Binus di Jakarta.

"Mahasiswa Binus Online Learning yang tinggal di kota Palembang atau yang dekat dengan kota ini bisa melaksanakan pertemuan dan ujian di BULC. Mahasiswa lain yang sedang ada keperluan di Palembang dan kebetulan bersamaan dengan jadwal ujian juga dapat datang ke BULC untuk melaksanakan ujiannya," kata Harjanto.

Saat ini ada dua program studi tersedia untuk pendidikan jarak jauh Binus Online Learning di Palembang, yaitu Business Management dan Corporate Information Systems. Beragam fasilitas pun tersedia di BULC Palembang, antara lain ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang video conference serta layanan mahasiswa.

Selain memfasilitas pendidikan jarak jauh, BULC juga terbuka bagi para Binusian (akademisi Binus) dan masyarakat Palembang yang ingin melakukan pembelajaran. Harjanto berharap, BULC dapat memberikan sarana pembelajaran, seperti pelatihan, seminar dan lainnya bagi masyarakat di kota Pempek tersebut.

"Ke depannya kami akan hadir di beberapa kota lainnya. Januari tahun depan sudah kami mulai,  di Semarang," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X