Akreditasi Internasional, Senjata Menuju "World Class University"

Kompas.com - 12/12/2014, 15:00 WIB
Fakultas bisnis di Binus University International kini telah mendapat akreditasi internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh Fakultas bisnis di Binus University International
Dok Binus Business SchoolFakultas bisnis di Binus University International kini telah mendapat akreditasi internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh Fakultas bisnis di Binus University International
EditorLatief
KOMPAS.com - Akreditasi masih menjadi aspek utama dalam lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi, terlebih akreditasi dari luar negeri atau internasional. Semua itu tak hanya penting bagi perguruan tinggi, melainkan juga program studi di universitas tersebut.

Zaman semakin maju, dan globalisasi juga menuntut perguruan tinggi memiliki akreditasi terbaik di setiap program studinya. Akreditasi, terutama internasional, akan mampu menunjukkan kualitas dari sebuah program studi di universitas.

"Akreditasi itu kan berarti ada standar tertentu. Kita tidak bisa mengklaim diri kita sendiri bahwa kita memiliki kualitas internasional. Jadi, kita harus punya benchmark yang jelas, dan salah satu yang bisa memberikan objektif jelas, ya, akreditasi internasional," jelas Tatum Syarifah Adiningrum, Head of Learning & Faculty Development Binus University International (BUI), di Jakarta, Selasa (9/12/2014).

Tatum mengatakan, Binus University International (BUI) pun menyadari hal itu. Akreditasi harus menjadi bagian penting dalam pengelolaan pendidikan.

"Akreditasi ini berpatokan pada visi untuk menjadi world class university. Untuk menjadi world class university berarti kita harus selevel dengan universitas lain di dunia secara kualitas. Measurement-nya, ya, melalui akreditasi internasional," timpal Stephanus Remond Waworuntu, Dean of Faculty of Business BUI.

Untuk mewujudkan itu, fakultas bisnis di BUI kini telah mendapat akreditasi internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh EFMD (European Foundation of Management Development).

"Akreditasi untuk sekolah bisnis itu yang populer dan terkenal ada dua, afiliasi Amerika (US) dan afiliasi Eropa, EFMD. Jadi keduanya paling kuat saat ini untuk akreditasi business school," jelas Remond.

www.shutterstock.com EPAS bertujuan untuk mengevaluasi kualitas tiap program studi manajemen dan bisnis sehingga memiliki perspektif internasional. Akreditasi internasional ini hanya ditujukan untuk program akuntansi, manajemen, dan bisnis.
EFMD sendiri memiliki berbagai kategori akreditasi internasional. Menurut Head of Learning & Faculty Development Binus University International, Tatum Syarifah Adiningrum, fakultas bisnis di BUI masuk ke dalam kategori akreditasi internasional program studi yang disebut dengan EPAS (EFMD Program Accreditation System).

EPAS bertujuan untuk mengevaluasi kualitas tiap program studi manajemen dan bisnis sehingga memiliki perspektif internasional. Akreditasi internasional ini hanya ditujukan untuk program akuntansi, manajemen, dan bisnis. Maka, dari segi kualitas, fakultas bisnis BUI saat ini sudah setara dengan program-program studi lainnya dengan akreditasi sama di berbagai universitas di dunia.

Secara otomatis, akreditasi EPAS membuat fakultas bisnis BUI menjadi satu-satunya program bisnis di Indonesia yang berstandar internasional. Standar internasional itu kemudian membawa banyak keuntungan bagi fakultas bisnis BUI.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X