Binus Raih Akreditasi Sekolah Bisnis Internasional

Kompas.com - 22/01/2015, 17:32 WIB
Dimas Jarot Bayu/Kompas.com Univesritas Binus meraih akreditasi internasional dari European Foundation for Management Development (EFMD). Tampak dalam gambar dari kiri ke kanan; Elidjen, Associate Proffesor, Corporate Knowledge Management Manager, Harjanto Prabowo, Rektor Universiats Binus, Firdaus Alamsjah, Dekan Eksekutif Binus International, Tatum S(Tim EPAS), dan Karen Iman (Tim EPAS), berpose bersama setelah pemberian plakat Asian Make Winners 2014, Selasa (20/1/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com – European Foundation for Management Development (EFMD) adalah organisasi nirlaba yang mengakreditasi sekolah bisnis internasional berbasis di Belgia, Eropa. Mereka baru saja memberikan akreditasi internasional kepada Universitas Bina Nusantara atau Binus University.

EFMD mengeluarkan dua kriteria akreditasi, yaitu EFMD Improvement Quality System (EQUIS) dan EFMD Programme Accreditation System (EPAS). EQUIS merupakan akreditasi di tingkat universitas, sedangkan EPAS merupakan akreditasi untuk tingkat program studi. Binus University International mendapatkan akreditasi EFMD Programme Accreditation System (EPAS) untuk program S-1 International Accounting & Finance.

Rektor Binus University Prof Harjanto Prabowo menjelaskan bahwa akreditasi internasional yang didapatkan dari EFMD itu merupakan bentuk pengakuan internasional bahwa Binus University resmi menjadi salah satu world class university. Pengakuan internasional itu berguna bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri atau bekerja di negara lain dan perusahaan multinasional.

"Hal ini disebabkan sudah terbentuknya akademik dan pola pikir mahasiswa secara global," ujar Harjanto usai menerima plakat Asian Make Winners 2014 di Joseph Wibowo Center, Kampus Binus Senayan, Selasa (20/1/2015).

Harjanto menambahkan, banyak universitas di Indonesia yang mengklaim berstandar world class university, padahal standar internasional tersebut harus didapatkan apabila universitas telah mendapatkan pengakuan lewat akreditasi internasional. Baca: Ini Syarat Menjadi "World Class University"!.

Sementara itu, Dekan Eksekutif Binus Internasional, Firdaus Alamsjah, menambahkan bahwa akreditasi yang didapatkan berguna untuk menghadapi persaingan saat Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berlaku tahun ini.

"Dengan adanya akreditasi ini, setelah lulus nanti mahasiswa akan mampu bertahan di negara sendiri, terutama saat gempuran pekerja asing masuk Indonesia. Bukan hanya itu. Saya juga berharap agar mahasiswa secara mental dan akademik tak kalah saat bersaing di luar negeri,” kata Firdaus.

Adapun EPAS diperoleh Binus University untuk periode tiga tahun, terhitung mulai 2015 hingga 2018. Sampai saat ini, Binus University menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi internasional untuk sekolah bisnis dan manajemen dari EFMD.

Baca juga: Akreditasi Internasional, Senjata Menuju "World Class University".

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorLatief
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X