Mahasiswa Unpad Rancang Bahan Bangunan dari Limbah Sampah

Kompas.com - 23/01/2015, 13:07 WIB
Rangunkarsa merupakan proyek yang dibuat Arman bersama timnya untuk Pekan Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) se-Indonesia pada tahun ini. Rencananya, proyek tersebut akan dilanjutkan dengan masa produksi tiga bulan.
Youtube.comRangunkarsa merupakan proyek yang dibuat Arman bersama timnya untuk Pekan Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) se-Indonesia pada tahun ini. Rencananya, proyek tersebut akan dilanjutkan dengan masa produksi tiga bulan.
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung merancang sebuah konsep pengolahan sampah tanpa asap sebagai pengalihan limbah sampah menjadi bahan bangunan bernama Rangunkarsa.

Arman Nugraha, mahasiswa asal Fakultas Geologi Unpad tersebut, menciptakan Rangunkarsa setelah melihat kegiatan-kegiatan pengolahan sampah yang selama ini tidak efisien dan tak ramah lingkungan. Dia menjelaskan, sistem kerja dari Rangunkarsa adalah menggunakan batu pasir sebagai penyerap dari limbah sampah.

"Batu pasir yang dipakai sebagai penyerap limbah sampah ini nantinya diolah menjadi bahan bangunan. Dengan begitu, kecil kemungkinan adanya pencemaran,”ujar Arman kepada Kompas.com, Kamis (22/1/2015).

Rangunkarsa merupakan proyek yang dibuat Arman bersama timnya untuk Pekan Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM-KC) se-Indonesia pada tahun ini. Rencananya, proyek tersebut akan dilanjutkan dengan masa produksi tiga bulan.

"Bulan depan rencananya kita sudah mulai mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan Rangunkarsa," tambah Arman.

Sistem Rangunkarsa kini telah lolos dalam seleksi PKM-KC. Sistem tersebut lolos seleksi bersama dengan 218 proposal PKM lainnya yang dikirimkan oleh Unpad. Dikti saat ini telah meloloskan 7.646 proposal PKM yang nantinya akan dimonitor dan dievaluasi pada Juni 2015.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X