Kuliah Jangan Sampai Mengganggu Kerja, Bisa?

Kompas.com - 24/01/2015, 08:30 WIB
Tak ada yang sulit dilakukan dengan metode Binus Online Learning meskipun minim tatap muka. Untuk pertanyaan terkait mata kuliah, misalnya, mahasiswa bisa melontarkannya di Course Room. Khusus pembahasan tugas kelompok, mahasiswa juga akan melakukannya di Team Room. Dok Binus University/Binus Online LearningTak ada yang sulit dilakukan dengan metode Binus Online Learning meskipun minim tatap muka. Untuk pertanyaan terkait mata kuliah, misalnya, mahasiswa bisa melontarkannya di Course Room. Khusus pembahasan tugas kelompok, mahasiswa juga akan melakukannya di Team Room.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Melanjutkan studi bisa dilakukan sambil bekerja. Tapi, kuliah jangan sampai mengganggu pekerjaan. Caranya, kuliah dengan sistem online.

Itulah cara yang digaungkan Universitas Bina Nusantara (Binus University) yang menerapkan metode "Binus Online Learning". Dengan sistem online itulah mahasiswa tak perlu datang ke kampus, sebab seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan dengan sistem online.

"Kuliah bisa dilakukan sambil berkerja dan tak perlu meninggalkan aktivitas rutin si mahasiswa. Ini tentu mendorong mahasiswa untuk self learning, belajar mandiri," ujar Deputi Direktur Binus online learning, Agus Putranto, saat ditemui di Kampus Binus, Jalan K.H. Syahdan No.9, Jakarta Barat, Jumat (23/1/2015).

Binus Online Learning merupakan metode pembelajaran yang mulai diterapkan oleh Binus University sejak 14 Februari 2009. Metode ini ditawarkan untuk mereka yang sudah bekerja, ibu rumah tangga, atau orang yang punya kesibukan tinggi sehingga tak punya waktu menjalankan aktifitas perkuliahan di kampus.

"Dengan cara ini mahasiswa tetap bisa menjalankan aktifitas perkuliahan secara online tanpa harus mengganggu pekerjaannya. Kita jaga fleksibilitasnya, tapi tetap kita hasilkan lulusan yang kualitasnya sama dengan perkuliahan regular," ucap Agus.

Agus menjelaskan, Binus sudah merancang pola pembelajaran secara online sehingga mahasiswa tetap merasa sedang belajar di kelas. Lewat metode ini mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen dan anggota kelas lainnya melalui forum diskusi yang sudah disediakan.

www.shutterstock.com Untuk pertanyaan atau konsultasi personal dengan dosen juga tak perlu dengan tatap muka. Si mahasiswa bisa melakukannya melalui Personal Room.
Serba online

Tak ada yang sulit dilakukan dengan metode ini, meskipun minim tatap muka. Menurut Agus, untuk pertanyaan terkait mata kuliah, misalnya, mahasiswa bisa melontarkannya di Course Room. Khusus pembahasan tugas kelompok, mahasiswa juga akan melakukannya di Team Room.

Sementara itu, untuk pertanyaan atau konsultasi personal dengan dosen juga tak perlu dengan tatap muka. Si mahasiswa bisa melakukannya melalui Personal Room. Selain itu, metode ini juga menyediakan Class Conference untuk memudahkan mahasiswa berinteraksi dalam virtual class yang bersifat optional.

Direktur Binus Online Learning, E.A Kuncoro menyebutkan, Universitas Binus menjadi pelopor kampus dengan menerapkan metode perkuliahan online. Hingga saat ini, masih sedikit kampus yang memiliki metode perkuliahan secara online.

"Sejauh ini kita bisa katakan begitu, karena memang pertama kan visi Binus menjadi panutan dalam sistem tekonologi informasi," ucap Kuncoro.

Binus online learning menyediakan program untuk Strata 1 dan Strata 2. Untuk S-1, program studi yang tersedia adalah Sistem Informasi (ekstensi Diploma 3 - S-1), Manajemen Marketing (ekstensi D3 - S1), Manajemen Marketing (S1), dan Akuntansi (ekstensi D3 dan S-1). Sementara itu, program studi yang tersedia untuk S-2 adalah Magister Teknik Informatika dan Magister Manajemen Sistem Informasi.

Baca juga: "Binus Online Learning", Hemat Biaya Kuliah hingga 40 Persen!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X