Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat... Empat Beasiswa Paling Populer untuk Studi ke Belanda!

Kompas.com - 14/02/2015, 16:33 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Beasiswa selalu menjadi peluang menarik bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tak seperti dulu, semakin terbukanya arus informasi lewat internet kini kian memudahkan para pencari beasiswa itu.

Tapi, tentu saja, tetap butuh upaya keras untuk meraih beasiswa. Khusus untuk beasiswa di Belanda, calon pelamar harus rajin mengumpulkan informasi. Baca: Cari Beasiswa Dulu atau Kampusnya Dulu? Jangan Terbalik!.

Salah satu caranya adalah laman Nuffic Nesso yang memiliki beragam informasi mengenai pendidikan tinggi di Belanda. Di laman ini tersaji lengkap semua informasi, termasuk program-progran beasiswa yang ditawarkan baik oleh pemerintah Belanda maupun Nuffic Neso Indonesia bersama perguruan-perguruan tinggi di Negeri Kincir Angin itu.

Beasiswa apa yang ditawarkan? Berikut informasi empat program beasiswa studi paling populer ke Belanda:  

www.shutterstock.com Ada 5 bidang prioritas pada program beasiswa ini, yaitu pengelolaan air, ketahanan pangan, sektor ekonomi, sektor peradilan, dan hak asasi manusia.
Beasiswa StuNed

Studeren in Nederland (StuNed) merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda untuk untuk mendanai studi pelajar Indonesia untuk gelar master (S-2) atau short course. Ini adalah beasiswa berbasis prestasi yang berfokus pada berbagai faktor keunggulan, mulai akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi penting lainnya. Dalam setahun, setidaknya tersedia 200 sampai 250 beasiswa penuh yang ditawarkan.

Tahun ini pendaftaran StuNed sudah dibuka dengan batas waktu sampai 15 Maret 2015 untuk program master (S-2) dan 1 Maret 2015 untuk short course. Informasi lebih jauh mengenai StuNed dan program studi di Belanda bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id/stuned.

Beasiswa StuNed mengharuskan kandidat sedang bekerja dan memiliki pengalaman bekerja minimal dua tahun di instansi terakhir. Kemampuan bahasa Inggris pun harus baik dan dibuktikan dengan skor IELTS min 6 atau internet-based TOEFL 80.

Beasiswa NFP

Beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) ditujukan khusus bagi warga negara berkembang di dunia, termasuk Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan untuk program S-2, S-3, dan short-course.

Para pelamar perlu memperhatikan persyaratan berikut ini, yaitu pengalaman bekerja akumulatif minimal 3 tahun. Pelamar juga tidak sedang bekerja di organisasi yang memiliki kemampuan cukup untuk pengembangan staf.

Pendaftaran beasiswa NFP sudah dibuka sejak 4 September 2014. Info lebih lanjut bisa dilihat di http://www.studyinholland.nl/.

M Latief/KOMPAS.com Tahun ini program OTS menggandeng 26 institusi pendidikan tinggi di Belanda sebagai mitranya. Permohonan beasiswa ini bisa diajukan ke institusi pendidikan Belanda pilihannya dan Nuffic Neso Indonesia.

Beasiswa OTS

Beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan kolaborasi Nuffic Neso Indonesia dengan institusi pendidikan tinggi Belanda dan perusahaan swasta. Jika tahun lalu OTS menyediakan 40 beasiswa dengan total 400.000 Euro untuk kandidat asal Indonesia, thun ini akan ada 39 skema beasiswa berbeda untuk 69 calon penerimanya. Total nilai beasiswa mencapai 713.250 Euro atau sekitar Rp 11,2 miliar lebih.

"Kalau dibandingkan dengan beasiswa tahun lalu jelas lebih banyak. Karena memang lebih banyak lagi universitas di Belanda yang berpartisipasi memberi beasiswa ini. Kenaikannya sampai 18 persen dan lebih banyak skema beasiswa hingga 48 persen," ujar Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker, Jumat (13/2/2015).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com