"Kebangetan" Kalau Tak Mengambil Beasiswa ke Belanda Ini!

Kompas.com - 03/03/2015, 07:00 WIB
Sebelum mendaftar, calon pelamar harus mulai segera mendaftar ke universitas di Belanda yang dituju untuk mendapatkan Unconditional Letter of Aceptance. Nuffic Neso IndonesiaSebelum mendaftar, calon pelamar harus mulai segera mendaftar ke universitas di Belanda yang dituju untuk mendapatkan Unconditional Letter of Aceptance.
Penulis Latief
|
EditorLatief
DEN HAAG, KOMPAS.com - Setiap tahun ada 200 sampai 250 beasiswa StuNed untuk short course dan S-2 yang khusus diberikan untuk pelajar Indonesia. StuNed atau Studeren in Nederland (Studi di Belanda) memang khusus diberikan untuk pelajar Indonesia.

"Tak ada pesaing dari negara lain, cuma anak-anak Indonesia. Jadi, sekali lagi, kebangetan kalau tidak tertarik apply beasiswa ini," kata Indy Hardono, Koordinator beasiswa Nuffic Neso Indonesia Neso, dalam persiapan StuNed Day 2015 di Den Haag, Belanda, Selasa (3/3/2015).

Ada tiga program beasiswa yang bisa diraih pelajar Indonesia lewat skema StuNed. Ketiga program itu adalah:

1.Beasiswa StuNed untuk program Master (individual application)

Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan. Program ini berakhir dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie).

2.Beasiswa Program Short Course (individual application)

Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 12 bulan dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma. Program ini diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya di Belanda.

www.shutterstock.com StuNed merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda untuk untuk mendanai studi pelajar Indonesia untuk gelar master (S-2) atau short course. Ini adalah beasiswa berbasis prestasi yang berfokus pada berbagai faktor keunggulan, mulai akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi penting lainnya.
3. Beasiswa Tailor Made Training (group application)

Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Program ini biasanya berlangsung selama tiga minggu dan diberikan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya. Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.

Indy mengatakan, StuNed memprioritaskan bidang-bidang meliputi Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi, Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur, Keamanan dan Penegakan Hukum, Air, Agro-Pangan dan Hortikultura, serta Manajemen Kesehatan. Perguruan tinggi di Belanda sendiri menawarkan berbagai program magister dan kursus singkat yang diajarkan dalam bahasa Inggris terkait bidang-bidang prioritas tersebut.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X