Langkah-langkah Membuat "Surat Motivasi" untuk Melamar Beasiswa!

Kompas.com - 06/03/2015, 19:31 WIB
Surat motivasi harus bisa memberikan gambaran mengenai latar belakang dan M Latief/KOMPAS.comSurat motivasi harus bisa memberikan gambaran mengenai latar belakang dan "goals" yang dapat memengaruhi lamaran agar dapat diterima di perguruan tinggi tujuan si pelamar. Dari situ akan terlihat keseriusan seorang pelamar menerima beasiswa dan studi di negara pemberi beasiswa.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Sebetulnya, pentingkah surat motivasi ( motivation letter) itu untuk pelamar beasiswa? Apa sulitnya membuat surat untuk mengungkapkan motivasi diri?

Marlindah JSA, alumnus Universitas Utrecht, Belanda, dalam presentasinya, Bagaimana Menulis Surat Motivasi yang Baik, di Holland Scholarship Day 2015 di Erasmus Huis, Jakarta, mengatakan bahwa surat motivasi atau biasa disebut dengan statement of purpose merupakan surat pernyataan pribadi yang mengungkapkan mengenai diri kita sebenarnya.

"Di situ kita tuliskan apa saja yang telah mempengaruhi perjalanan karier kita, professional interest kita, apa rencana berikutnya, baik pada saat menulis statement of purpose tersebut, dan setelah menyelesaikan studi kita di perguruan tinggi yang akan kita tuju," ujar Marlindah.

Marlindah mengatakan, surat motivasi harus bisa memberikan gambaran mengenai latar belakang dan goals yang dapat memengaruhi agar lamaran dapat diterima di perguruan tinggi tujuan si pelamar. Dari situ akan terlihat keseriusan seorang pelamar dalam menerima beasiswa dan studi di negara pemberi beasiswa.

Agar punya acuan, berikut langkah-langkah membuat atau menulis surat motivasi, seperti dijabarkan Marlindah:

Isi pokok surat motivasi

1. Tuliskan hal-hal apa saja yang membuat dan membentuk Anda seperti saat ini, dan jelaskan siapa Anda sekarang ini.

2. Tuliskan alasan Anda berkeinginan melanjutkan pendidikan ke tingkat studi berikutnya, yaitu master ataupun PhD.

3. Apa yang memotivasi Anda melakukan hal-hal tersebut, dan mengapa Anda ingin studi atau belajar penuh kerja keras dan lain-lainnya.

4. Mengapa Anda memilih negara, khususnya Belanda, sebagai tujuan melanjutkan studi?

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X