Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Mahasiswa Indonesia di Perancis Tercatat Sekitar 1.500 Orang

Kompas.com - 10/03/2015, 04:23 WIB
KOMPAS.com- Mahasiswa Indonesia yang saat ini belajar di sejumlah universitas terkenal di Perancis ada sekitar 1.500 orang. Jumlah tersebut diharapkan terus meningkat.

"Kepercayaan mahasiswa Indonesia menimba ilmu di Perancis cukup besar. Hal ini merupakan kemajuan bagi kedua negara tersebut," kata Duta Besar Prancis Untuk Indonesia, Corinne Breuze di Medan, Senin (9/3/2015).

Hal tersebut dikatakan Duta Besar Perancis usai membuka Kongres Kerja Sama Ilmiah dan Universitas Prancis-Indonesia ke-7 di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Breuze mengatakan, selain menimba ilmu di Perancis, mahasiswa Indonesia juga banyak yang memperoleh bantuan bea siswa yang diberikan Pemerintah Perancis.

"Mahasiswa Indonesia yang pintar diberikan beasiswa dan juga ada yang berasal dari USU ini," kata duta besar.

Dia menjelaskan, mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas terkemuka di Perancis itu, banyak yang memilih jurusan Teknik, MIPA, Kesehatan, Bisnis, dan jurusan lainnya.

"Jadi kerja sama beberapa universitas di Indonesia dan termasuk USU dengan Perancis harus tetap terjaga dengan baik," kata Breuze.

Data yang diperoleh menyebutkan, jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan kuliah ke Prancis meningkat dari tahun ke tahun dan sebanyak 752 mahasiswa pada periode 2007-2010. Kemudian, sebanyak 1.550 mahasiswa pada periode 2011-2014, serta 402 orang di antaranya baru saja berangkat tahun lalu.

Selain itu, jumlah Perguruan Tinggi Prancis dan Indonesia yang menjalin kerja sama juga meningkat secara konstan.

Bahkan, sudah lebih dari 150 perjanjian kerja sama yang terlaksana hingga saat ini, baik yang tengah berjalan maupun yang akan kita rencanakan dan sebelumnya hanya ada 5 perjanjian di tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com