Kompas.com - 06/04/2015, 12:16 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan pada jumpa pers penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2015, di Depok, Jawa Barat, Selasa (31/03/2015).
Afrian Malik/KOMPAS.comMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan pada jumpa pers penutupan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2015, di Depok, Jawa Barat, Selasa (31/03/2015).
|
EditorLatief
DEPOK, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan persiapan naskah ujian nasional (UN) tahun ini. Salah satunya naskah UN yang akan digunakan siswa SMA/SMK pada 13 April 2015 dan UN SMP yang dimulai pada 4 Mei mendatang.

Mendikbud menyampaikan bahwa setiap hari Kemendikbud melakukan pengawasan melalui laporan dari berbagai perusahaan percetakan. Selanjutnya, pihaknya akan melakukan kunjungan ke perusahaan percetakan untuk memantau langsung proses pencetakan naskah UN tersebut.

"Agar tidak terjadi keterlambatan saat pengiriman ke beberapa lokasi di seluruh Indonesia," ujar Mendikbud pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 di Depok, Senin (30/3/2015) lalu.

Mendikbud juga mengimbau semua perusahaan percetakan untuk menjaga kerahasiaan naskah UN kepada pihak mana pun.

"Kami pastikan bahwa kerahasiaan itu dijaga, keamanan itu dijaga," ujarnya.

Pada proses pendistribusiannya, lanjut dia, akan diprioritaskan untuk daerah yang paling jauh dari tempat perusahaan percetakan naskah UN. Tujuannya supaya tidak terjadi keterlambatan pada lokasi-lokasi ujian terjauh.

"Pendistribusiannya sudah siap dilakukan, tapi akan dikirim dari lokasi paling jauh supaya tak ada lagi keterlambatan pengiriman di beberapa daerah yang mengikuti UN," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data per 31 Maret 2015 lalu, persiapan naskah UN SMA sudah 100 persen siap untuk dikirim, sedangkan naskah UN SMK sudah 99,59 persen dan juga siap dikirim. Namun, untuk naskah UN SMP baru siap 64,54 persen karena UN SMP baru akan dilaksanakan pada 4 Mei mendatang sehingga masih ada waktu penyelesaiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.