Mendikbud: Guru Jangan Tertutup saat Memberi Pelajaran!

Kompas.com - 08/04/2015, 07:30 WIB
Guru memiliki peran sangat besar mewujudkan iklim pendidikan menyenangkan. Untuk itu, Mendikbud menyarankan agar guru tidak tertutup saat memberi pelajaran pada siswa. M Latief/KOMPAS.comGuru memiliki peran sangat besar mewujudkan iklim pendidikan menyenangkan. Untuk itu, Mendikbud menyarankan agar guru tidak tertutup saat memberi pelajaran pada siswa.
|
EditorLatief
DEPOK, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Anies Baswedan menyampaikan bahwa pembelajaran yang relevan dengan kehidupan begitu penting diterapkan. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan iklim pendidikan yang menyenangkan bagi siswa.

"Pendidikan dengan iklim yang menyenangkan dapat meningkatkan daya imajinasi siswa supaya berpikir kreatif," ujarnya pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 di Depok, Selasa (31/3/2015).

Mendikbud mengaku terkesan saat dirinya datang ke sebuah sekolah di suatu daerah. Saat itu dirinya melihat papan tulis yang penuh tulisan. Sang guru sedang membahas mengenai pendidikan jasmani. Terlihat tulisan di papan tulis tengah dibahas tata cara berenang di kolam renang.

"Ini membuat saya terkejut. Di daerah tersebut belum ada kolam renang, hanya ada sungai kecil yang berada tidak jauh dari sekolah. Jelas, ini menunjukkan bahwa guru tersebut sedang mengajarkan cara berpikir kreatif dan imajinatif, tapi masih relevan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Anies.

Baginya, itu hanya salah satu cara mewujudkan iklim pendidikan menyenangkan. Menurut dia, guru memiliki peran sangat besar mewujudkan hal itu. Untuk itu, Mendikbud juga menyarankan agar guru tidak tertutup saat memberi pelajaran pada siswa.

"Pembelajaran yang diberikan juga harus relevan agar bermanfaat bagi siswa. Sebenarnya tak hanya guru, setiap pelaku pendidik harus terlibat untuk mewujudkan iklim pendidikan yang menyenangkan. Tapi, khusus guru, jangan sampai sibuk sendiri tanpa memperhatikan nilai-nilai kreativitas siswanya," ujarnya.

Mendikbud melanjutkan, guru yang menutup diri, mengerjakan kesibukan dan rutinitasnya hanya di ruang tertutup tidak mungkin bisa maksimal memperhatikan siswanya.

"Ingat, perkembangan siswa tetap harus diperhatikan agar terwujud iklim pendidikan yang menyenangkan," kata Mendikbud.

Baca juga: Jangan Takut Lagi dengan Ujian Nasional!

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X