Meja UN Online Kecil, Siswa Diminta Bawa Papan untuk Coret-coretan

Kompas.com - 12/04/2015, 17:00 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa atau peserta Ujian Nasional (UN) berbasis komputer diminta untuk menyiapkan sebuah papan sebagai alas mereka melakukan coret-coretan. Hal itu disampaikan karena ukuran meja UN berbasis komputer berbeda dengan meja yang biasa dipakai saat soal UN masih berbasis kertas.

"Ini kan tempatnya kecil ya buat coret-coretan. Kita sudah suruh anak-anak bawa papan jalan buat coret-coret," tutur Wakil Kepala SMA Negeri 78 Ridnan Wargianto, Minggu (12/4/2015).

SMA Negeri 78 merupakan salah satu dari tiga SMA di Jakarta yang melaksanakan UN berbasis komputer secara online. Coret-coretan ini akan dipakai oleh para siswa saat menghadapi ujian mata pelajaran matematika.

Ridnan mengatakan, jika tidak ada papan jalan, ukuran meja yang tidak memadai dapat mempersulit siswa karena sebagian besar di atas meja sudah untuk menaruh keyboard dan mouse komputer.

UN berbasis komputer dilaksanakan dalam tiga sesi, di mana tiap sesi diberi waktu selama dua jam dengan jeda waktu satu jam sebelum menuju ke sesi berikutnya. Sistem sesi ini dilakukan untuk mengimbangi jumlah siswa yang lebih banyak dari jumlah komputer yang tersedia.

Di SMA Negeri 78 sendiri, ada total 360 peserta UN berbasis komputer. Mereka akan dibagi ke dalam tiga sesi, dengan jadwal sesi pertama jam 07.30 WIB- 09.30 WIB, sesi kedua jam 10.30 WIB - 12.30 WIB, dan sesi ketiga jam 14.00 WIB - 16.00 WIB. Bagi para siswa yang akan mengikuti ujian, harus sudah berada di dalam ruangan 15 menit sebelum ujian dimulai.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.