Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meja UN Online Kecil, Siswa Diminta Bawa Papan untuk Coret-coretan

Kompas.com - 12/04/2015, 17:00 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa atau peserta Ujian Nasional (UN) berbasis komputer diminta untuk menyiapkan sebuah papan sebagai alas mereka melakukan coret-coretan. Hal itu disampaikan karena ukuran meja UN berbasis komputer berbeda dengan meja yang biasa dipakai saat soal UN masih berbasis kertas.

"Ini kan tempatnya kecil ya buat coret-coretan. Kita sudah suruh anak-anak bawa papan jalan buat coret-coret," tutur Wakil Kepala SMA Negeri 78 Ridnan Wargianto, Minggu (12/4/2015).

SMA Negeri 78 merupakan salah satu dari tiga SMA di Jakarta yang melaksanakan UN berbasis komputer secara online. Coret-coretan ini akan dipakai oleh para siswa saat menghadapi ujian mata pelajaran matematika.

Ridnan mengatakan, jika tidak ada papan jalan, ukuran meja yang tidak memadai dapat mempersulit siswa karena sebagian besar di atas meja sudah untuk menaruh keyboard dan mouse komputer.

UN berbasis komputer dilaksanakan dalam tiga sesi, di mana tiap sesi diberi waktu selama dua jam dengan jeda waktu satu jam sebelum menuju ke sesi berikutnya. Sistem sesi ini dilakukan untuk mengimbangi jumlah siswa yang lebih banyak dari jumlah komputer yang tersedia.

Di SMA Negeri 78 sendiri, ada total 360 peserta UN berbasis komputer. Mereka akan dibagi ke dalam tiga sesi, dengan jadwal sesi pertama jam 07.30 WIB- 09.30 WIB, sesi kedua jam 10.30 WIB - 12.30 WIB, dan sesi ketiga jam 14.00 WIB - 16.00 WIB. Bagi para siswa yang akan mengikuti ujian, harus sudah berada di dalam ruangan 15 menit sebelum ujian dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com