Kompas.com - 13/04/2015, 12:02 WIB
Beberapa murid kelas 12 SMA Negeri 78, Jakarta Barat, berkumpul di kantin sembari menunggu Ujian Nasional (UN) berbasis komputer, Senin (13/4/2015) pagi. Berbeda dengan pelaksanaan UN pada umumnya, kali ini para murid terlihat senang dan tidak banyak yang membawa buku untuk belajar lagi. Kebanyakan mereka hanya bercanda dan mengobrol satu sama lain.
KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERABeberapa murid kelas 12 SMA Negeri 78, Jakarta Barat, berkumpul di kantin sembari menunggu Ujian Nasional (UN) berbasis komputer, Senin (13/4/2015) pagi. Berbeda dengan pelaksanaan UN pada umumnya, kali ini para murid terlihat senang dan tidak banyak yang membawa buku untuk belajar lagi. Kebanyakan mereka hanya bercanda dan mengobrol satu sama lain.
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, menggelar inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan ujian nasional (UN), Senin (13/4/2015) pagi, di SMK Negeri 20 Jakarta. Mendikbud tiba di lokasi UN sekitar pukul 5.00 WIB, didampingi sejumlah pejabat di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

SMK Negeri 20 merupakan sekolah rayon untuk pengambilan naskah soal bagi 78 SMK di daerah Jakarta Selatan I. Di sekolah tersebut Mendikbud meninjau persiapan panitia sekolah sebelum pelaksanaan UN hari pertama dimulai pukul 7.30 WIB.

"Alhamdulillah pelaksanaan persiapan UN berjalan baik dan lancar. Informasi sampai dengan tadi malam, seluruh proses berlangsung sesuai dengan rencana. Pagi ini Bapak dan Ibu menjadi pembawa etape terakhir naskah soal.Saya percaya anak-anak dapat mengerjakan dengan baik, hasilnya pun baik, dan tingkat kejujurannya tinggi," tutur Mendikbud dalam arahan singkatnya.

Mendikbud berpesan, jika terjadi masalah dalam pelaksanaan UN, sebisa mungkin panitia pelaksana di tingkat sekolah menyelesaikan persoalan tersebut di ruang kelas atau sekolah.

"Jadi, Insya Allah semuanya lancar," tambahnya.

Tahun ini pencetakan naskah soal UN dapat dilihat secara transparan pada laman www.kemdikbud.go.id. Pencetakan soal UN tahun ini berjumlah 35 juta eksemplar yang didistribusikan ke 50.515 SMP dan 18.552 SMA/SMK.

Adapun jumlah peserta UN sebanyak 7,3 juta siswa terdiri atas 3.773.372 siswa SMP; 1.632.757 siswa SMA; 1.171.907 siswa SMK; dan 632.214 siswa pendidikan kesetaraan (paket B dan C).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini pelaksanaan UN SMA/sederajat diselenggarakan mulai 13 - 15 April 2015; dan UN SMP/sederajat pada 4 - 7 Mei 2015. Tahun ini juga merupakan tahun pertama UN dilaksanakan berbasiskan komputer atau computer based test (CBT) yang akan berlangsung pada 7 hingga 20 April 2015.

(RATIH ANBARINI) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.