Begini.... Tips Lulus "Cepat dan Tepat" Kuliah dengan Sistem Online!

Kompas.com - 14/04/2015, 11:31 WIB
Binus Online Learning merupakan metode pembelajaran yang mulai diterapkan sejak 14 Februari 2009. Metode tersebut diperuntukkan bagi orang yang sudah bekerja, ibu rumah tangga, maupun orang dengan segudang kesibukan sehingga tak punya waktu menjalankan aktifitas perkuliahan di kampus. Dok Binus University Binus Online Learning merupakan metode pembelajaran yang mulai diterapkan sejak 14 Februari 2009. Metode tersebut diperuntukkan bagi orang yang sudah bekerja, ibu rumah tangga, maupun orang dengan segudang kesibukan sehingga tak punya waktu menjalankan aktifitas perkuliahan di kampus.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Berbeda dengan kuliah konvensional, pada perkuliahan sistem online learning tatap muka langsung dengan dosen di dalam kelas minim dilakukan. Jadi, kemandirian belajar sangat dibutuhkan agar dapat menyerap materi secara maksimal dan tugas kuliah pun dapat terselesaikan tepat waktu. Jangan sampai minimnya pengawasan dan tumpukan aktivitas membuat waktu kelulusan molor!  

Demikian dipaparkan Adelia Swastika, alumni Binus Online Learning, ketika ditemui di kantornya di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (7/4/2015). Berikut tips dari Adelia:

Proaktif

Tak dapat dimungkiri, interaksi langsung dengan dosen pada perkuliahan konvensional lebih banyak dilakukan ketimbang online learning. Dengan demikian, jika ada materi yang tidak dimengerti, mahasiswa bisa langsung mengajukan pertanyaan.

"Kalau perkuliahan online kan harus menunggu respon dosen, Jadi, mahasiswa harus proaktif untuk bertanya kepada dosen dan teman-teman," ujar Adel, sapaan akrab Adelia.

Apalagi, lanjut Adelia, kadang mencocokan jadwal untuk melakukan video conference bersama sulit. Pasalnya, setiap anggota diskusi memiliki kesibukan dan jadwal kerja berbeda-beda.

"Kalau kita engga bisa hadir, kita dituntut untuk proaktif bertanya kepada teman yang hadir. Untungnya, karena sesama pekerja, kami memiliki tenggang rasa tinggi sehingga mudah dalam berbagi materi pembelajaran," kata Adel yang saat ini bekerja sebagai marketing communication di salah satu perusahaan akuntan publik di Jakarta.

Target Jelas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memiliki target kelulusan yang jelas membantu konsistensi diri, terutama dalam menghadapi tugas-tugas perkuliahan. Jika perlu, tulislah motto dan target angka kelulusan (GPA) yang ingin dicapai, lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat.

"Setiap mahasiswa kan punya Learning Management System masing-masing. Di LMS itu kita bisa tulis quote sendiri. Untuk motivasi, saya post quote: 'Lulus tepat waktu dan tepat mutu' supaya saya baca terus setiap buka LMS," tutur Adel.

www.shutterstock.com Karena kebanyakan mahasiswa kuliah sistem online learning adalah pekerja atau karyawan, membagi waktu antara pekerjaan dan perkuliahan sangatlah penting, terutama penjadwalan untuk class conference, diskusi kelompok kerja, dan pengumpulan tugas yang juga memiliki deadline masing-masing.

Good Time Management

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.