Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beasiswa ke Eropa? Cari Informasi di Sini

Kompas.com - 10/05/2015, 13:02 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memperingati Hari Eropa pada 9 Mei dan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu, EU-Indonesia Scholarships Info Day diadakan. Pelajar Indonesia yang tertarik melanjutkan pendidikannya ke Eropa, dapat mencari Informasi di sini.

“Pendidikan tinggi menjadi bagian utama dalam kerja sama antara Uni Eropa (UE) dan Indonesia. Maka dari itu, Eu-Indoneisa Scholarships Info Day terlaksana,” ucap Kuasa Usaha Delegasi UE Colin Crooks saat sambutan di Hotel Grand Sahid Jakarta Jakarta, Sabtu (9/5/2015).

Menurut Crooks, minat pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Eropa kian bertambah tiap tahunnya. Pada 2013, jumlah pelajar Indonesia yang berangkat ke Eropa untuk meneruskan pendidikan Sarjana dan Paska Sarjana berjumlah 4.000. Tahun berikutnya, ada peningkatan 20 persen.

“UE menyambut hangat pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di Eropa,” ujar Crooks.

Pameran edukasi dan beasiswa ini menjadi peluang bagi pengunjung untuk memperoleh informasi tentang program beasiswa Uni Eropa dan Indonesia. Di ajang ini, calon penerima beasiswa juga dapat berdiskusi langsung dengan perwakilan institusi  dan alumni penerima beasiswa.

Informasi mengenai beasiswa disediakan oleh yayasan dan beberapa lembaga. Diantaranya, Erasmus, Institut Francais Indonesia (IFI), dan Kedutaan Besar dari masing-masing anggota Uni Eropa. Sedangkan lembaga pemerintah Indonesia yang menyediakan Beasiswa, ialah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),  dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

 

Malik Afrian Pameran Beasiswa Uni Eropa di Stand Polandia

 

Ketersediaan informasi yang lengkap mengundang banyaknya peserta hari itu. Salah satunya Eko Febriadi.

“Saya tertarik untuk cari tahu informasi beasiswa di Eropa. Rencananya, Swedia menjadi pilihan utama saya, standar pendidikan di sana bagus,” ucap Alumni Mahasiswa UPI Bandung ini.

Pada dasarnya, kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan Pekan Eropa 2015. Oktober mendatang akan dilanjutkan dengan pameran pendidikan tahunan, European Higher Education Fair (EHEF) 2015.

Di EHEF, peserta tidak hanya diberikan informasi seputar beasiswa. Selain program studi, budaya kehidupan di Eropa juga akan menjadi menu agendanya. Ada lebih dari 4.000 instansi pendidikan tinggi dengan 15.000 program paska sarjana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com