UI Terima 2.258 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Kompas.com - 11/05/2015, 17:36 WIB
Universitas Indonesia yang dihuni para periset andal, seharusnya digandeng Pemerintah Kota Depok untuk menghasilkan produk kreatifitas unggulan sehingga berpotensi terciptanya basis ekonomi yang akan mengurai masalah klasik perkotaan; macet. energitodayUniversitas Indonesia yang dihuni para periset andal, seharusnya digandeng Pemerintah Kota Depok untuk menghasilkan produk kreatifitas unggulan sehingga berpotensi terciptanya basis ekonomi yang akan mengurai masalah klasik perkotaan; macet.
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Universitas Indonesia (UI) menerima 2.258 mahasiswa baru S-1 reguler dari total pendaftar seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2015 sebanyak 42.484 peserta. Lebih dari 70 persen pendaftar SNMPTN 2015, yaitu sebanyak 30.267 peserta, memilih UI sebagai PTN pilihan pertama.

Berdasarkan siaran pers diterima KOMPAS.com, Senin (11/5/2015), tahun ini UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN (periode pendaftaran 11 Mei – 29 Mei 2015) dan SIMAK UI (periode pendaftaran 27 April – 29 Mei 2015). Pada rumpun ilmu sains dan teknologi, jurusan dengan peminat paling tinggi adalah Ilmu Komputer dengan jumlah peminat 1.212 orang.

Lebih lanjut, pada rumpun ilmu kesehatan, program studi Pendidikan Dokter menjadi prodi yang paling diminati dengan jumlah pemilih sebanyak 2.422 pendaftar. Sementara itu, pada rumpun sosial dan humaniora, jurusan paling diminati adalah manajemen dengan jumlah peminat 3.604 orang.

Bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui SNMPTN 2015 wajib mendaftarkan dirinya ke laman www.penerimaan.ui.ac.id. Adapun tahapan registrasi terdiri dari: 
1. Konfirmasi pilihan kelas permohonan pengajuan pembayaran (s.d 12 Mei 2015, Pukul 23.59 WIB).

2. Pembayaran pendidikan melalui ATM/teller beberapa bank yang ditunjuk dengan menggunakan NPM yang diperoleh saat pengumuman hasil SNMPTN (periode pembayaran 9 Mei – 8 Juni 2015).

3. Peserta harus melakukan verifikasi rapor. Calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan di Balairung UI Kampus Depok pada 5 Juni 2015 bagi siswa asal sekolah wilayah Jakarta dan 6 Juni 2015 bagi siswa asal sekolah wilayah Jabar dan Banten, serta 8 Juni 2015 bagi siswa asal sekolah di luar wilayah Jakarta, Jabar dan Banten.

4. Kelengkapan yang harus dibawa saat verifikasi rapor adalah kartu tanda peserta SNMPTN 2015/2016; rapor asli dan satu salinan yang sudah dilegislasi; satu lembar fotokopi akte kelahiran; surat pernyataan bermaterai sebagai mahasiswa UI (format diunduh dari sistem www.penerimaan.ui.ac.id); surat Keterangan Kepala Sekolah; fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan (bagi yang sudah memiliki) atau kartu asuransi kesehatan lainnya

5. Tahap terakhir adalah registrasi administrasi yang dilakukan pada 9 Juni 2015 di Balairung UI, Kampus UI Depok. 

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X