Kompas.com - 22/05/2015, 17:22 WIB
Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, pada acara peletakkan batu pertama Bridging Campus Binus University @Malang, di Malang, Jawa Timur, Kamis (21/5/2015). 
Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo, pada acara peletakkan batu pertama Bridging Campus Binus University @Malang, di Malang, Jawa Timur, Kamis (21/5/2015).
Penulis Latief
|
EditorLatief

MALANG, KOMPAS.com - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan segera masuk ke Indonesia, bukan hanya Jakarta, tetapi juga ke seluruh daerah di Indonesia. Sangat penting pemerataan pendidikan untuk setiap masyarakat Indonesia, yang mungkin selama ini hanya terpusat di kota besar, khususnya Jakarta.

"Kami berkomitmen untuk terus membina pendidikan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di berbagai kota di Indonesia sehingga pendidikan berkualitas dapat dirasakan oleh setiap orang di Indonesia," jelas Bernard Gunawan, CEO Bina Nusantara Group, di acara peletakkan batu pertama Bridging Campus Binus University @Malang, di Malang, Jawa Timur, Kamis (21/5/2015).

Acara tersebut memastikan proses pembangunan Bridging Campus Binus Universitu @Malang hampir mencapai tahap akhir. Rencananya, pada September 2015 mendatang kampus tersebut akan resmi beroperasi.

Stephen Wahyudi Santoso, Managing Director, Binus Group, menambahkan bahwa untuk tahap awal perkuliahan akan dijalankan dengan menggunakan sistem online learning. Program perkuliahan yang dibuka adalah Business Management dan Information Systems.

"Perkembangan teknologi mengubah pola hidup setiap individu, dan ini juga terjadi dalam cara belajar seseorang. Kami melihat fenomena ini dan memfasilitasi cara pembelajaran yang fleksibel untuk setiap orang di berbagai tempat dengan menghadirkan sistem online learning ini,” kata Prof Harjanto Prabowo, Rektor Binus University.

Binus Online Learning merupakan metode belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa harus terikat jadwal dan tempat tertentu. Pada Juni 2014 lalu Binus Online Learning mendapat kepercayaan Pemerintah melalui SK No. 146/E/O/2014 mengenai Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Dengan demikian, Binus University merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang memperoleh izin menggelar PJJ.

"Mahasiswa bisa berasal dari seluruh Indonesia, bahkan tidak tertutup kemungkinan dari luar negeri. Yang penting terpenuhi salah satu peraturan untuk pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh ini, yaitu memiliki Unit Sumber Belajar Jarak Jauh atau USBJJ," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, lanjut Harjanto, di setiap wilayah akan dibangun Binus University Learning Community (BULC) sebagai perwujudan USBJJ. Di BULC para mahasiswa dapat melakukan kegiatan tutoring dengan tutor di masing-masing wilayah, ujian dan lainnya. 

"Jadi, tak perlu harus datang ke kampus di Jakarta. Bahasiswa Binus Online yang tinggal di Jawa Timur atau dari wilayah Timur Indonesia dapat melaksanakan pertemuan dan ujian di BULC ini, termasuk mahasiswa lain yang sedang ada keperluan di Jawa Timur dan kebetulan bersamaan dengan jadwal ujian, bisa datang ke BULC untuk melaksanakan ujiannya," kata Harjanto.

Dia menambahkan, walaupun perkuliahan dijalankan secara online, berbagai faslitas tetap disediakan untuk mendukung pembelajaran, misalnya high techlaboratory danperpustakaan. Hal tersebut dibangun agar mahasiswa merasa nyaman untuk belajar dan berdiskusi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.