Tinjau SBMPTN di IPB, Menristek Imbau Jangan Ada Soal yang Bocor dan Joki

Kompas.com - 09/06/2015, 09:54 WIB
EditorTri Wahono

BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir meninjau pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Selasa (9/6/2015) pagi.

Nasir yang tiba lokasi yang terletak di Jalan Lodaya, Bogor, sekitar pukul 07.00 WIB langsung menuju lantai 2 gedung diploma yang digunakan untuk ujian.

Ia lalu masuk ke dua ruangan yang di dalamnya sudah terisi peserta ujian yang sedang mengisi lembar jawaban kertas.

Ruangan yang dipantau adalah ruang satu dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang digunakan untuk ujian campuran.

Nasir sempat memperhatikan para peserta mengisi LJK. Kemudian, saat soal tiba, mantan Rektor Universitas Diponegoro tersebut langsung melihat apakah soal benar masih dalam keadaan tersegel.

"Saya pantau agar soalnya tidak bocor. Kita bisa melihat, soalnya masih dalam keadaan tersegel. Hal ini untuk menghindari kebocoran soal. Yang harus dihindari adalah jangan sampai ada soal bocor dan joki ujian," kata Nasir.

Selanjutnya, Nasir pun menyerahkan soal ke pengawas ruangan yang berjumlah dua orang. Kepada peserta ujian, ia pun berpesan untuk mengerjakan sebaik-baiknya.

"Mudah-mudahan semua sukses," kata Nasir.

Adapun berdasarkan data dari panitia, sebanyak 693.185 orang mengikuti ujian SBMPTN hari ini dengan pilihan prodi sainstek 260.797 orang, soshum 277.676 orang, dan campuran sebanyak 154.712 orang. (Agustin Setyo Wardani)



Sumber Warta Kota
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X