Peserta Seleksi Masuk PTN Tahun Ini Naik 4,31 Persen

Kompas.com - 01/07/2015, 13:21 WIB
Siswa yang bisa mendaftar adalah siswa yang rekam jejak prestasinya tercatat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Untuk itu, sekolah yang belum mengisi PDSS dihimbau untuk segera melakukan pengisian www.shutterstock.comSiswa yang bisa mendaftar adalah siswa yang rekam jejak prestasinya tercatat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Untuk itu, sekolah yang belum mengisi PDSS dihimbau untuk segera melakukan pengisian
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 yang telah diselenggarakan sejak 9 Juni 2015 lalu mengalami peningkatan peserta. Peserta SBMPTN 2015 meningkat hingga 4,31 persen dari pada tahun lalu.

Proses SBMPTN 2015 menjadi kesempatan kedua bagi para peserta yang tidak lolos saat mengikuti proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2015 lalu. Melalui SBMPTN 2015 para peserta bisa mendapatkan kesempatan kembali untuk mencoba masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) favoritnya.

Tahun ini peserta SBMPTN mengalami peningkatan 4.31 persen dari tahun lalu. Jumlah peserta tahun ini sebanyak 693.185 orang. Semua peserta yang mengikuti seleksi ini mendapat kesempatan untuk memperebutkan 99.223 kursi dari 74 PTN yang tersedia.

Selain itu, peserta Bidikmisi juga mengalami peningkatan menjadi 90.686 orang. Jika peserta lulus seleksi maka peserta beasiswa Bidikmisi akan diverifikasi ulang oleh PTN, seperti yang dikutip dari KOMPAS, Minggu (7/6/2015).

Pada ujian tertulis tahun ini setiap peserta akan mengikuti dua macam ujian yang disesuaikan dengan Program Studi (Prodi) pilihan para peserta. Materi ujian tertulisnya antara lain Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang wajib diikuti oleh seluruh peserta SBMPTN. Selain itu, ada Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) yang disesuaikan dengan pilihan prodinya.

Selanjutnya, hasil dari hasil ujian tertulis SBMPTN 2015 akan diumumkan pada 9 Juli 2015 mendatang. Ikuti terus perkembangan mengenai informasinya dan pengumuman hasil seleksi di Liputan Khusus SBMPTN 2015 KOMPAS.com

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X