Kompas.com - 26/07/2015, 22:10 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjuran agar orangtua mengantar anak di hari pertama masuk sekolah tidak hanya ditujukan bagi aparat sipil negara atau pegawai negeri sipil saja. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan juga mengharapkan semua orangtua yang memiliki anak di bangku sekolah untuk melakukannya, Senin (27/7/2015).

Tidak hanya sekadar mengantarkan anak hingga ke gerbang sekolah. Anies berharap orangtua juga meluangkan waktu berinteraksi dengan anak di sekolah, dengan guru, dan berkenalan dengan sesama orangtua murid.

"Sadari pentingnya hari pertama bagi anak, maka jangan sia-siakan tapi antarkan anak ke sekolah," tulis Anies di akun Twitter-nya @aniesbaswedan. Bahkan, secara khusus ia membagikan infografis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bisa digunakan sebagai panduan bagi orangtua, siswa, dan guru pada hari pertama masuk sekolah.

Anies menyatakan, orangtua sering tidak sadar bahwa porsi waktu anak-anak di sekolah cukup besar bahkan seperti rumah kedua. Hari pertama bisa menjadi milestone penting yang bisa bermakna dan berdampak sangat baik bagi perkembangan anak. Namun, bisa juga terlewatkan percuma.

Untuk para PNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi telah meminta agar keterlambatan PNS karena mengantar anak masuk sekolah tidak dianggap sebagai pelanggaran disiplin selama minta izin dan proporsional.

Nah, lantas bagaimana dengan orangtua yang bekerja? Anies menyarankan agar meminta izin dan membagi video klip yang mendorong perusahaan mengizinkan karyawan untuk mengantar anak masuk sekolah hari pertama. "Bos-nya diajak lihat https://www.youtube.com/watch?v=0n_IfREHQpk… :)" tulis Anies. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


KEMDIKBUD Apa yang bisa dilakukan orangtua di hari pertama masuk sekolah?
KEMDIKBUD Ragam kegiatan yang bisa dilakukan di hari pertama masuk sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.