Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Minta Orangtua Tak Hanya Hadir saat Anak Wisuda Saja

Kompas.com - 27/07/2015, 09:18 WIB
Abba Gabrillin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengingatkan para orangtua agar ikut mendampingi anaknya, khususnya selama periode awal ketika anak mulai bersekolah. Menurut Anies, peran orangtua sangat penting dalam memantau perkembangan anaknya sejak awal.

"Seringkali orangtua hanya hadir saat anak-anaknya wisuda saja, atau saat kelulusan. Jarang yang ikut hadir sejak anak-anak mulai sekolah," ujar Anies saat melakukan kunjungan di SD Negeri 01 Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (27/7/2015).

Anies mengimbau para orangtua agar bertemu dengan para guru di sekolah. Dengan menjaga hubungan baik dengan para guru dari periode awal sekolah, orangtua dapat memastikan bahwa anak-anak mendapat pendidikan yang sesuai serta memahami kebutuhan masing-masing anak.

Menurut Anies, dalam usaha pertumbuhan budi pekerti siswa, diperlukan suatu kerja sama yang baik antara guru dengan orangtua. Masyarakat perlu dilibatkan dalam proses pendidikan di sekolah.

"Jangan jadikan sekolah sebagai ruang tertutup. Ajak berbagai elemen masyarakat untuk ikut berbagi kepada siswa di sekolah dan ajak siswa terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat di sekitar sekolah," kata Anies.

Kunjungan Anies bersama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad, merupakan kunjungan pertama dalam menyambut tahun ajaran baru 2015-2016. Kunjungan diawali upacara bendera yang diikuti lebih kurang 500 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com