Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Orientasi Mahasiswa Baru Khusus "Mahasiswa Online"

Kompas.com - 10/08/2015, 10:59 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

KOMPAS.com — Pembelajaran sistem online tampaknya semakin diminati masyarakat. Hal itu bisa dilihat pada orientasi bagi 169 mahasiswa online baru di Binus Online Learning (BOL).
Orientasi mahasiswa berlangsung tiga hari, mulai Jumat (7/8/2015) sampai Minggu (9/8/2015), di Kampus Binus Anggrek, Jakarta.

"Kita sudah melakukan orientasi mahasiswa baru untuk program kuliah online sejak awal BOL berdiri. Selama itu, kami terus melakukan evaluasi dan perbaikan," ujar Deputy Director BOL Agus Putranto kepada Kompas.com, Jumat

Berbeda dengan orientasi mahasiswa reguler, orientasi mahasiswa online dilakukan di satu tempat. Mereka diperkenalkan dengan sistem pembelajaran online, termasuk penggunaan Learning System Management (LSM).

"Kalau mahasiswa reguler keliling kampus untuk mengenal kelas-kelas, ruang lab, dan lain-lain. Kalau mahasiswa online kan tidak perlu itu," kata Agus.

Para mahasiswa itu nantinya akan melakukan kuliah tanpa harus datang sering ke kampus. Mereka melakukan perkuliahan online dan cukup dengan perangkat laptop atau komputer dan jaringan internet. Mereka memang sengaja memilih perkuliahan sistem ini karena aktivitas terlalu padat untuk melakukan kuliah reguler.

"Namun, kita jaga terus kualitas mereka. Banyak mahasiswa online yang justru lulus lebih bagus karena mereka kebanyakan sudah bekerja. Jadi, ilmunya langsung terpakai, pengalamannya juga bertambah," tutur Director BOL Engkos Achmad Kuncoro pada pidato sambutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com