Kompas.com - 10/08/2015, 12:44 WIB
Tahun ini sebanyak 97 mahasiswa Indonesia akan melanjutkan ke jenjang master dan 100 mahasiswa akan mengikuti course di Belanda. Para mahasiswa penerima beasiswa itu akan berangkat ke Belanda pada 10 September 2015 mendatang. Dok Nuffic Neso IndonesiaTahun ini sebanyak 97 mahasiswa Indonesia akan melanjutkan ke jenjang master dan 100 mahasiswa akan mengikuti course di Belanda. Para mahasiswa penerima beasiswa itu akan berangkat ke Belanda pada 10 September 2015 mendatang.
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com – Netherlands Education Support Office (Neso) Indonesia kembali menggelar pre-departure untuk para mahasiswa Indonesia yang telah diterima studi di Belanda. Pre-departure memang disiapkan agar mahasiswa bisa memahami segala persiapan mental atau dokumen yang perlu dibawa.

Indy Hardono selaku Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office (Neso Indonesia) menyampaikan hal itu kepada KOMPAS.com di Erasmus Huis, Jakarta, Sabtu (8/8/2015). Indy menjelaskan, tahun ini sebanyak 97 mahasiswa Indonesia akan melanjutkan ke jenjang master dan 100 mahasiswa akan mengikuti course di Belanda. Para mahasiswa penerima beasiswa itu akan berangkat ke Belanda pada 10 September 2015 mendatang.

"Tentu, pre-departure ini diperlukan agar para mahasiswa bisa menyesuaikan segala situasi dan kondisi selama menempuh pendidikannya di Belanda. Selain pengarahan melalui paper yang kami berikan, kami juga menghadirkan pertunjukan drama mengenai dari awal keberangkatan para mahasiswa, saat berada di Belanda dan lulus," ujar Indy.

Sementara itu, Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker, mengatakan bahwa tahun ini cukup banyak pelajar yang mengajukan beasiswa Studeren in Nederland (StuNed). Namun, lanjut dia, dari persentase 100 persen aplikasi yang masuk untuk pengajuan beasiswa itu hanya sekitar 25 persen sampai 30 persen diterima oleh StuNed untuk melanjutkan studi ke Belanda.

Mervin melanjutkan, tahun ini program studi yang cukup banyak diminati pelajar Indonesia adalah Bisnis dan Ekonomi Internasional, Manajemen Air, Pengembangan Lahan dan Air untuk Ketahanan Pangan, Manajemen Rantai Produksi Pertanian, Manajemen Logistik, Ekonomi Kesehatan dan Bahasa. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.