Kompas.com - 08/09/2015, 07:32 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Ada satu kebiasaan yang hilang sejak masuknya teknologi, yaitu menulis secara konvensional. Hari ini, orang lebih suka mengetik lewat gawainya dibanding mencari pulpen dan alas tulis. Kemudian, kebiasaan tersebut menular pada anak-anak.

Perkenalan anak-anak dengan gawai yang begitu dini mengakibatkan pelajaran menulis bukanlah hal yang menarik lagi. Padahal, menulis diyakini dapat mengasah daya ingat seseorang terutama bagi anak-anak.

Dilansir dari KOMPAS.com, seorang psikolog dari India University, Karin James mengemukakan bahwa keyakinan akan menulis dapat meningkatkan daya kritis termasuk mengasah daya ingat cukup masuk akal. Alasannya, menulis memerlukan pola pikir, pengamatan, dan introspeksi. (Baca: Jangan Remehkan Manfaat Menulis dengan Tangan).

"Makin banyak anak menulis, makin mudah bagi mereka mengenali huruf. Pengenalan huruf adalah penanda terbaik ia akan lebih lancar membaca," katanya.

Untuk menghindari hal tersebut, orang tua harus membangun kembali semangat menulis pada anak. Caranya, simak tips berikut:

Mencatat aktivitas

Mengajak anak untuk membiasakan diri mencatat aktivitas harian cukup menarik untuk dicoba. Letakkan satu buku di kamarnya dan persilakan ia untuk menuliskan aktivitas hari itu sebelum tidur.

Frekuensi menulis yang reguler dapat melatih aktivitas sarafnya. Mereka akan terbiasa menyimpan informasi sehingga daya ingatnya terasah.

Menyiapkan tahun ajaran baru

Saat memasuki tahun ajaran baru, libatkan anak dengan ikut menyampul dan memberi nama pada buku barunya sendiri. Tujuannya untuk melatih kemampuan menulisnya.

Shutterstock Cara lain untuk membangun semangat anak untuk menulis ialah dengan merancang permainan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.