Kompas.com - 17/11/2015, 10:21 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat berkunjung ke Kampung Matematika, di Laladon, Kecamatan Ciomas, Bogor, Sabtu (11/4/2015). RAMDHAN TRIYADI/KOMPAS.comMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat berkunjung ke Kampung Matematika, di Laladon, Kecamatan Ciomas, Bogor, Sabtu (11/4/2015).
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, akan menindaklanjuti kasus penutupan sekolah di Moro-Moro, Register 45, Kabupaten Mesuji, Lampung.

Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk membicarakan masalah ini.

"Sedang koordinasi dengan Ditjen Konservasi LHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) dan dengan Dinas Pendidikan Mesuji," kata Anies saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/11/2015).

Ia tak berkomentar banyak. Namun, Anies mengaku akan segera menginformasikan hasil koordinasi dengan dua institusi tersebut.

Sedikitnya ada 400 anak Moro-Moro terkatung-katung nasib pendidikannya. Dari tiga sekolah dasar di kawasan Moro-Moro, satu sekolah sudah ditutup pada Mei 2015, yaitu SD Moro Dewe.

Dua sekolah lainnya terancam mengalami nasib sama. (baca: "Tolong Pak Presiden, Kami Ingin Tetap Sekolah...")

Pemerintah Kabupaten Mesuji menolak memberi izin kelas jauh (filial) karena sekolah-sekolah tersebut berada di wilayah konflik agraria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bupati Mesuji disebut memang mengizinkan siswa untuk pindah ke sekolah induk. Namun, jarak dari Moro-Moro ke sekolah induk di Mesuji mencapai 20 kilometer pulang pergi.

Sekitar enam bulan lalu, para relawan membuat petisi di www.change.org agar masalah ini sampai ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Mendikbud. 

Mereka berharap pemerintah pusat menindaklanjuti sehingga anak-anak di Kabupaten Moro-Moro bisa tetap mendapatkan pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.