Masih Mau Kuliah di Belanda?

Kompas.com - 28/12/2015, 16:19 WIB
Surat motivasi harus bisa memberikan gambaran mengenai latar belakang dan M Latief/KOMPAS.comSurat motivasi harus bisa memberikan gambaran mengenai latar belakang dan "goals" yang dapat memengaruhi lamaran agar dapat diterima di perguruan tinggi tujuan si pelamar. Dari situ akan terlihat keseriusan seorang pelamar menerima beasiswa dan studi di negara pemberi beasiswa.
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) atau Studi di Belanda untuk program master (S-2) tahun akademik 2016 ditutup pada 1 April 2016 mendatang. Adapun batas waktu beasiswa program Short Course sampai 1 Oktober 2016.

Namun, sebelum mengirimkan aplikasinya ke Nuffic Neso Indonesia, calon pelamar terlebih dulu harus mendaftar terlebih dulu ke perguruan tinggi di Belanda. Syarat tersebut mutlak agar pelamar memiliki letter of admission atausurat penerimaan dari perguruan yang dituju.

Direktur Neso Indonesia Mervin Bakker mengatakan bahwa kesempatan tersebut harus diambil oleh anak-anak Indonesia untuk memperluas jaringannya hingga ke benua lainnya. Mervin mengatakan, ada 2.100 program internasional dalam bahasa Inggris yang ditawarkan perguruan tinggi Belanda untuk memberikan kesempatan luas para pelajar mengasah kemampuannya berinteraksi dengan keragaman budaya.

"Ini bekal penting mereka kelak menghadapi persaingan global. Anak-anak Indonesia harus bisa mengambil tempat untuk berkontribusi tidak hanya dalam skala nasional, tapi juga skala dunia," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (28/12/2015).

Seperti diketahui, StuNed merupakan program beasiswa yang didanai oleh Pemerintah Belanda dengan seleksi berbasis prestasi. Seleksi tersebut berfokus pada keunggulan akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi penting lainnya, serta keterkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral antara Belanda dan Indonesia.

"Area prioritas itu tersebut meliputi perdagangan internasional, keuangan, ekonomi, transportasi dan agro-logistic, infrastruktur, keamanan dan penegakan hukum, pengelolaan air, agro-pangan dan holtikultura, dan manajemen kesehatan," ujar Margareta, Wakil Ketua International Office Universitas Airlangga, Surabaya.

Informasi lebih rinci mengenai StuNed dapat dilihat di www.nesoindonesia.or.id/stuned.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X