4 Hal Wajib Dipertimbangkan dalam Perjalanan Pendidikan Anak

Kompas.com - 22/01/2016, 12:21 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memilih sekolah yang baik untuk anak, orangtua sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kemampuan dan kebutuhan putra-puterinya. Anak butuh proses, bukan cuma hasil dalam perjalanan pendidikannya di sekolah, mulai taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

"Dalam menentukan perjalanan pendidikan untuk anak, orangtua perlu mempertimbangkan dan memastikan selama pendidikan tersebut si anak akan mengikuti proses pembelajaran yang mampu menyesuaikan dengan gaya belajarnya, memovitasinya untuk belajar dengan cara menyenangkan tanpa merasa tertekan," ujar Bambang Irianto, salah seorang praktisi pendidikan di Indonesia, Rabu (19/1/2016).

"Perjalanan pendidikan itulah yang akan mampu membekali anak dengan pengetahuan, keterampilan dan pembentukan sikap sehingga sukses menghadapi persaingan baik di dalam maupun di luar negeri," tambahnya.

Di Indonesia, ada banyak pilihan layanan pendidikan yang mengacu pada sistem pendidikan atau menerapkan kurikulum berbeda sebagai pilihan. Beberapa pilihan itu di antaranya sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum nasional, Cambridge, International Baccalaureate-IB, dan lain-lainnya.

Bambang mengatakan, menentukan perjalanan pendidikan yang tepat berdasarkan sistem pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak akan memberikan dampak luar biasa pada pengembangan akademis dan sosial si anak. Kelak hal itu akan menjadi penentu kunci keberhasilan anak di masa depannya.

"Saat si anak sudah menapaki sistem pendidikan tertentu pada perjalanan pendidikannya, orangtua perlu memastikan bahwa anak-anaknya mampu menyelesaikan pendidikan dalam sistem tersebut secara berkesinambungan dan utuh, dari TK sampai perguruan tinggi," kata Bambang. 

Namun, lanjut Bambang, selain memilih perjalanan pendidikan berdasarkan sistem pendidikan, ada beberapa hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan para orangtua. Berikut diantaranya:

Perkembangan yang Holistik dan Terpadu

Bambang mengatakan, orangtua sudah seharusnya mempertimbangkan perjalanan pendidikan mana yang memberikan mampu mengembangkan potensi anak, baik kecakapan akademis maupun sosial anak secara utuh dan menyeluruh. Hal itu bahkan bisa dimulai dari taman kanak-kanak hingga ke perguruan tinggi.

Jalur Pendidikan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X