Kompas.com - 29/01/2016, 20:51 WIB
Kini, banyak beasiswa prestasi ditawarkan bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan kuliah namun terbentur kendala ekonomi. WWW.SHUTTERSTOCK.COMKini, banyak beasiswa prestasi ditawarkan bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan kuliah namun terbentur kendala ekonomi.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
– Dulu, hari-hari Ahmad Tohani berputar antara sekolah, rumah, bengkel, surau, dan sesekali petualangan di alam terbuka. Sekarang semua berubah, serasa mimpi yang menjadi nyata. Selalu ada jalan untuk asa dan usaha.

Pada hari-hari-nya dulu, Tohani biasa membantu pekerjaan ayahnya di bengkel las kecil-kecilan milik keluarga sepulang sekolah di SMK Negeri 1 Purworejo, Jawa Tengah. Dia di sana sampai kira-kira pukul empat sore, saat sang Ayah menutup bengkel.

Bila ayah Tohani kembali ke sawah mengurus padi yang tiap pagi dia tinggalkan untuk bekerja di bengkel, Tohani pulang ke rumah. Dia harus mengurusi adik laki-laki yang masih seusia sekolah dasar.

Petang merembang, aktivitas Tohani dan keluarganya "berpindah" ke surau. Shalat berjamaah lalu mengaji. Sang ayah juga merupakan guru mengaji di kampungnya. Di luar semua kegiatan harian ini, sesekali dia menyalurkan hobi panjat tebing dan bertualang.

Dalam benak Tohani, bukan tak terbersit keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.Namun, kondisi ekonomi keluarga membuat ia urung menyampaikan niat itu kepada ayah dan ibunya. Siapa nyana, sekolah masih jadi rezeki Tohani.

Rezeki tak kemana…

Tak disangka-sangka, prestasi Tohani semasa SMK menjadi jalan bagi masa depannya. Ia terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Toyota Indonesia Academy (TIA). Rezeki memang tak kemana….

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hari ini, Tohani adalah mahasiswa TIA di Karawang, Jawa Barat. Dia tinggal di asrama, bersama 32 siswa lulusan SMK terpilih lainnya. Kini, rutinitasnya berubah.

"Sekitar jam setengah enam, kami ada bersih-bersih asrama dan apel pagi. Jam 6, kami berangkat naik bus ke kampus TIA," tutur Tohani soal rutinitas paginya, Rabu (27/2/2016).

Sekolah baru Tohani berada di area pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Lokasinya sekitar 45 menit perjalanan dari asrama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.