Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan ITB dan UGM, UI Terbaik di Indonesia versi "Webometrics"

Kompas.com - 31/01/2016, 10:48 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.  

Prestasi ini sekaligus menjadikan UI mengungguli Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, untuk level Asia Tenggara dan dunia, menurut Webometrics, UI meraih tempat ke-13 dan ke-758.

UI dinilai memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat indikator, yaitu "Presence" yang merupakan jumlah halaman situs yang terekam pada search engine (Google).

Indikator "Impact" juga dipenuhi, yang merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google). 

UI juga memenuhi indikator "Openness" berdasarkan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar).

Terakhir, UI memenuhi indikator "Excellence" yang didasari jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Rektor UI Muhammad Anis menuturkan, pencapaian sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata, melainkan juga keberhasilan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

"Kami telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website masing-masing institusi dalam menyongsong era pendidikan berbasis information communication technology (ICT)," ujar Anis dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (31/1/2016).

Anis melanjutkan, pengembangan situs dan peningkatan publikasi ilmiah, baik nasional maupun internasional, menjadi salah satu strategi UI dalam menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas.

Hal-hal tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi sivitas akademika UI, melainkan juga bagi bangsa Indonesia ataupun masyarakat global.
 
Berikut daftar lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016:
1. Universitas Indonesia (peringkat ke-1 di Indonesia, dan ke-758 dunia).
2. Institut Teknologi Bandung (peringkat ke-2 di Indonesia, ke-796 dunia)
3. Universitas Gadjah Mada (peringkat ke-3 di Indonesia, ke-802 dunia)
4. Universitas Diponegoro (peringkat ke-4 di Indonesia, ke-1.442 dunia)
5. Universitas Riau (peringkat ke-5 di Indonesia, ke-1.502 dunia).

 
Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif open access, serta mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Pengumuman dapat diakses pada laman: www.webometrics.info

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com