Kompas.com - 02/02/2016, 06:13 WIB
Lulusan S-2 seperti apa yang dibutuhkan era digital? THINKSTOCKPHOTOSLulusan S-2 seperti apa yang dibutuhkan era digital?
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Anggaplah saat ini Anda sedang menunggu giliran sesi wawancara sebagai salah satu tahapan masuk perusahaan incaran. Membaca kualifikasi posisi yang dibidik, salah satu syarat utamanya adalah harus bergelar magister.

Lega melihat hal itu, karena ijazah S-2 sudah di tangan. Rasanya, tak sia-sia perjuangan Anda menyelesaikan tesis tepat waktu.

Namun, tunggulah dulu, jangan segera merasa puas. Ingat, Anda bukan satu-satunya lulusan S-2 yang melamar posisi tersebut.

Ya, masih ada puluhan atau bahkan ratusan pelamar S-2 lain yang juga bersaing memperebutkan satu kursi yang Anda incar. Lalu, apa yang harus Anda miliki agar unggul dibanding pesaing lainnya?

"Perusahaan itu selalu berkaitan dengan banyak pihak, misalnya stakeholder, konsumen, pemerintah, supplier, dan sebagainya. Di sini, mereka (para lulusan S-2) harus bisa mengintegrasikan knowledge-nya," kata Head of Graduate Program in Information System Management Binus, Harisno, Jumat (22/1/2015) di Kampus Anggrek, Jakarta.

Menurut Harisno, kepentingan berbagai pihak itu, jika difusikan, bisa menjadi kekuatan untuk memenangkan persaingan bisnis dan menjadi senjata Anda.

"Mereka harus bisa menganalisa kebutuhan sumber daya manusia, teknologi, juga informasi apa saja yang diperlukan untuk memenangkan bisnis," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang, lanjut Harisno, dunia kini semakin digital sehingga arus informasi tak lagi berbatas jarak dan waktu. Penggunaan teknologi dan informasi pun bukan lagi opsi, melainkan "wajib hukumnya".

Saat merancang bisnis, Harisno mencontohkan, pendekatan yang digunakan tidak cukup hanya berbasis comparative advantage. Keunggulan komparatif didapat, jika perusahaan mampu memproduksi barang atau jasa lebih banyak dengan biaya lebih murah.

"Tapi harus mulai menggunakan competitive advantage dengan memasukkan teknologi sistem informasi di dalam rancangan bisnisnya," tutur Harisno.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X