Yakin, Mau Raup Untung dari "E-Commerce"?

Kompas.com - 04/02/2016, 08:19 WIB
Selamat datang di bisnis e-commerce! ShutterstockSelamat datang di bisnis e-commerce!
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Ini hari kerja, weekdays yang sibuk, tetapi Anda malah duduk nyaman di sofa empuk di rumah sambil sesekali menyeruput kopi. Tangan menari bebas di atas papan tuts komputer, tanpa perlu sebelumnya berdesakan di kereta atau terjebak macet di jalan.

Saat memeriksa kotak masuk e-mail, datang pesan berbunyi, "Barangnya sudah sampai, Sis. Puas deh. Nanti aku order lagi ya...". Tanpa harus pergi ke kantor berpakaian necis setiap hari, rekening bank Anda tetap terisi.

Pernah membayangkan hari-hari Anda benar-benar seperti itu? Jika iya, selamat datang di bisnis e-commerce.

E-commerce adalah bisnis berbasis teknologi informasi. Mulai berkembang di Amerika Serikat dan Eropa selama satu dekade terakhir, e-commerce sekarang tumbuh pesat dengan persaingan keras.

Karena itu, mereka yang baru akan terjun menekuni bisnis ini harus memutar otak lebih kencang. Jika tidak demikian, peluang malah bisa-bisa menghilang, tergilas kerasnya persaingan.

Jangan salah bekal

Nah, jika belum merasa cakap, sebaiknya Anda mulai menyiapkan bekal, termasuk ilmu. Menempuh pendidikan strata dua (S-2) atau jenjang magister, misalnya, bisa dijajal. Pertanyaannya, program apa yang sebaiknya diambil untuk menunjang rencana berkecimpung di bisnis e-commerce?

Bila Anda benar-benar ingin mendalami seni berbisnis di dunia digital—sisi bisnis maupun teknologinya—jurusan ekonomi tak lagi mencukupi. Jurusan yang lebih dekat dengan urusan internet akan lebih tepat, seperti informatika atau sistem informasi.

Itu pun ragamnya masih banyak. Sama-sama berurusan dengan bisnis sekaligus teknologi dunia maya, bobot minat—ke sisi bisnis atau teknologi—akan menjadi penentu pilihan Anda dengan lebih tepat.

Khusus Anda yang ingin membangun sendiri bisnis online, misalnya, maka magister yang mendalami manajemen sistem informasi akan lebih cocok. Di sini ada banyak pengetahuan tentang pengembangan sistem bisnis berbasis teknologi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X