Kompas.com - 14/04/2016, 14:41 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Pada tahun ini, seleksi akan mulai menguji coba computer based testing (CBT), selain paper based testing (PBT) seperti tahun-tahun sebelumnya.

CBT adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan alat bantu komputer. Peserta ujian tak lagi berkutat dengan kertas lembar jawab, tetapi semua dikerjakan di komputer. Mereka membaca soal di layar komputer dan mengisi jawabannya di sana pula.

Soal akan muncul satu per satu secara berurutan sesuai nomor soal, untuk memudahkan peserta untuk menjawabnya. Jika di tengah jalan ingin mengubah jawaban, para peserta tinggal mencari kembali nomor soal yang dimaksud dan mengisikan jawaban yang baru.

Waktu ujian yang tersisa akan muncul pula di layar komputer. Tenang saja, durasi pengerjaan ujian CBT dan PBT tetap sama. Bedanya, isian jawaban peserta ujian akan otomatis diperiksa setelah para peserta selesai mengerjakan soal.

Meski demikian, hasil ujian tak akan terlihat real time. Peserta CBT tetap harus bersabar menunggu pengumuman hasil SBMPTN. Pengumuman itu serentak dilakukan, bersamaan dengan hasil PBT, pada 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.

Seperti dikutip dari situs web Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), periode pendaftaran dan pelaksanaan ujian PBT dan CBT akan berbeda. Pendaftaran PBT dibuka pada 25 April 2016 hingga 20 Mei 2016, sementara pendaftaran PBT berlangsung pada 29 April 2016 sampai 9 Mei 2016.

Adapun waktu ujian, CBT dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada 28-30 Mei 2016, sementara PBT digelar sehari pada 31 Mei 2016. Untuk jurusan kuliah yang membutuhkan ujian keterampilan, tes akan dilakukan dua hari pada 1-2 Juni 2016.

Soal infrastrukur pendukung CBT pada SBMPTN 2016, panitia akan menggunakan fasilitas yang ada di perguruan tinggi negeri. Setidaknya sudah ada 16 perguruan tinggi negeri menyatakan siap menggelar CBT.

Tata cara pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan bisa Anda unduh mulai 18 April 2016 melalui laman: http://download.sbmptn.ac.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.