Kompas.com - 15/04/2016, 11:07 WIB
- --
EditorHeru Margianto

"If one does not know to which port one is sailing, no wind is favourable.”

––Seneca

KOMPAS.com - Dunia penerbitan buku Indonesia terus bergeliat, apalagi setelah sukses menjadi tamu kehormatan di perhelatan Frankfurt Book Fair 2015. Cukup banyak penerbit di Indonesia yang berbenah diri melakukan terobosan dan penetrasi untuk tetap “terlihat” di tengah ributnya timeline media sosial.

Penerbit-penerbit yang lamban dan tak cekatan hampir pasti akan “selesai” alias hanyut dan tenggelam. Sebaliknya, penerbit yang terus menuntut dirinya untuk tetap sigap dan tangkas, akan menjadi yang terdepan.

Menariknya, dengan dukungan teknologi digital yang tampak semakin “bisa-segalanya”, peta pertarungan yang terjadi saat ini tidak hanya antara “penerbit vs. penerbit”, tetapi juga “penerbit vs. penulis mandiri (self-publishing).

Peta pertarungan yang sedang dan akan terus terjadi dapat divisualisasikan seperti ini: di satu kutub berdiri penerbit tradisional, sementara di kutub lain berpijak penerbit mandiri.

Keduanya tampak berhadap-hadapan, sebab yang terakhir menjadi semacam “alternatif” bagi yang pertama.

Tak terbantahkan bahwa penulis mandiri di zaman ini memiliki kekuatan teknologis (technological power) yang super-canggih.

Penulis-penulis generasi Y ini (lahir antara 1980–1999) memiliki beragam opsi untuk menerbitkan naskahnya menjadi sebuah buku, bahkan dapat langsung terbit dalam dua format sekaligus: cetak dan digital––proses yang mungkin agak membingungkan bagi generasi sebelumnya.

Lebih mencengangkan lagi, untuk menghasilkan satu buku, generasi Y hanya butuh modal paket data internet dan ponsel pintar 5 inci, tanpa perlu riset mendalam ke beberapa perpustakaan besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.